Pelanggan Seluler RI Banyak Nongkrong di Internet Saat Nataru 2022 - Halaman 2

Pelanggan Seluler RI Banyak Nongkrong di Internet Saat Nataru 2022

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 10 Jan 2022 15:22 WIB
Happy Asian woman laughing while lying on the bed using smartphone mobile at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/interstid


Smartfren

Begitu juga terjadi di jaringan Smartfren yang mengalami lonjakan trafik internet pada Hari Natal dan Tahun Baru 2022 kemarin.

Pertumbuhan penggunaan layanan ke dunia maya itu selaras dengan prediksi dan antisipasi yang telah disiapkan, sehingga Smartfren mengklaim telah melalui lonjakan trafik tersebut dengan keberhasilan.

Lonjakan trafik internet ini terkonsentarasi di berbagai wilayah pemukiman. Adapun, layanan yang berkontribusinya, berupa akses terhadap aplikasi streaming 8%, game 6%, serta media sosial 11%.

Berdasarkan sebarannya, wilayah penyumbang trafik internet terbesar terjadi di Jabodetabek. Pada Natal mencapai 10% dibandingkan di hari biasa dan Tahun Baru 2022 mencapai 12%.

Selain itu, daerah di Jawa Tengah juga masuk di dalamnya dengan trafik internet naik 9% dari hari normal. Smartfren mengatakan hal ini didorong perubahan perilaku mobilitas masyarakat di saat pandemi, yang mana aktivitas dilakukan di rumah.

XL Axiata

XL Axiata berhasil mengawal dan melayani kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

Tercatat, kenaikan trafik data hingga 38% di jaringan XL Axiata jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan tertinggi terjadi pada Hari Natal sebesar 7% dan trafik Tahun Baru 15% dibandingkan hari normal.

Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan sebesar 3% dibandingkan hari biasa.

Meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2% dibandingkan hari normal. Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang dan sebagainya.

Dari keseluruhan trafik layanan selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari aktifitas web browsing sebesar 42%, akses media sosial sebesar 29%, streaming video sebesar 21%, games 4% dan lain-lain 4%. Dari sisi kenaikan trafik, aktivitas games meningkat trafiknya hingga 183%, kemudian akses file sebesar 24%, streaming 11% serta web browsing 8%.



Untuk trafik aktifitas video call dan conference, Facebook meningkat sebesar 27%, Telegram 22% serta Line dan WhatsApp masing-masing sebesar 10%. Sedangkan untuk trafik akses media sosial, Instagram meningkat 33%, disusul WhatsApp 30%,Twitter 19% serta Facebook 18%.

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Joox music dan Itunes juga meningkat 24% dan 11%. Untuk games, trafik mobile legend meningkat 210%, kemudian Roblox 90% serta Hago 11%.

Trafik akses ke layanan belanja online (termasuk Lazada, Shopee,Tokopedia) mengalami peningkatan sebesar 62%, sementara trafik ke layanan travelling (termasuk Traveloka, Agoda, Tiket.com) meningkat sekitar 95%.

Selain itu, trafik ke layanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) juga meningkat sebesar 13%, sementara trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana, Ovo) mengalami penurunan hampir 1%.

(agt/fay)