Indosat Ooredoo Hutchison Beroperasi, Ini Target dari Menkominfo

ADVERTISEMENT

Indosat Ooredoo Hutchison Beroperasi, Ini Target dari Menkominfo

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 04 Jan 2022 18:15 WIB
Kominfo Resmi Menyetujui Merger dan Akusisi Indosat-Tri
Menkominfo Johnny G Plate menyambut beroperasinya PT Indosat Ooredoo Hutchison (Foto: Kominfo)
Jakarta -

Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menyambut secara resmi beroperasinya PT Indosat Ooredoo Hutchison. Dia berharap industri telekomunikasi makin semarak di tahun 2022.

Ia mengharapkan industri telekomunikasi nasional menjadi lebih semarak. Dalam upaya merger, industri semakin didukung, sehingga dapat diperoleh lingkungan yang lebih produktif dan efisien untuk Indonesia.

"Seluruh upaya ini, tentunya diawasi dengan berbagai instrumen regulasi dan kebijakan. Agar persaingan usaha dapat berlangsung sehat, makin efisien, berdaya saing dan terus bertumbuh memenuhi kebutuhan nasional mewujudkan Indonesia terkoneksi semakin digital dan maju," kata Johnny dalam keterangan pers online, Selasa (4/1/2021).

Johnny menyampaikan persetujuan ini melalui Keputusan Menteri Kominfo Nomor 7 tahun 2022, mengenai Persetujuan Penggabungan Penyelenggaraan Telekomunikasi PT Indosat Tbk dan PT Hutchinson 3 Indonesia.

"Ini menjadi hasil kongkrit dari pelaksanaan Undang-undang Cipta Kerja, UU Nomor 11 tahun 2020 dan PP 46 tahun 2021, tentang Pos Telekomunikasi dan Penyiaran," kata dia.

"Dengan diterbitkan keputusan Menteri Kominfo ini, maka seluruh hak dan kewajiban PT Hutchinson 3 Indonesia terkait penyelenggaraan telekomunikasi, beralih menjadi hak dan kewajiban PT Indosat Tbk," ungkap Johnny.

Ia juga mengatakan bahwa Kominfo akan melakukan evaluasi secara berkala. Tujuannya untuk memastikan agar pemenuhan komitmen dan kewajiban, dalam rangka merger dan akuisisi penyelenggaraan penyediaan telekomunikasi ini, terlaksana dengan baik.

"Seiring dengan upaya peningkatan kualitas layanan telekomunikasi, Kominfo juga terus mengupayakan peningkatan industri satelit Indonesia. Untuk memenuhi kapasitas satelit nasional, guna keperluan konektivitas middle-mile maupun retail customer," kata Johnny.

Johnny juga menjelaskan bahwa merger dan akuisisi tersebut, telah menciptakan suatu struktur manajemen serta komposisi kepemilikan saham PT Indosat Tbk. Di mana saham 1 perusahaan privat, saham 1 perusahaan BUMN dan publik.

"Selain itu, setelah merger dan akuisisi, komposisi kepemilikan saham PT Indosat kini terdiri dari: saham 2 perusahaan privat, saham 1 perusahaan BUMN, dan saham publik," ujar Johnny.



Simak Video "Tok! Kominfo Setujui Merger Indosat dan Tri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT