Jadi Komisaris Indosat, Rudiantara Bantah Konflik Kepentingan

Jadi Komisaris Indosat, Rudiantara Bantah Konflik Kepentingan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 04 Jan 2022 14:21 WIB
Menkominfo Rudiantara
Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta -

Rudiantara memastikan bahwa peran barunya kini di Indosat Ooredoo Hutchison, operator seluler hasil merger Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri), tidak akan menimbulkan konflik kepentingan.

Dulu Rudiantara berperan sebagai 'wasit telekomunikasi' sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Kini, ia terjun lagi di industri telco sebagai Komisaris Independen Indosat Ooredoo Hutchison.

Pria yang disapa Chief RA ini, menjabat Menkominfo periode tahun 2014-2019, setelah itu ia tidak bersentuhan lagi dengan industri telekomunikasi sampai akhirnya ditunjuk jadi salah satu Komisaris Independen Indosat Ooredoo Hutchison di penghujung tahun 2021.

"Saya sudah dua tahun gardening leave. Selama dua tahun, tidak pernah muncul di berita, kasih komentar dan sebagainya, itu setidaknya tidak ada konflik kepentingan," kata Rudiantara kepada detikINET.

Ia kemudian mencontohkan profesional di luar negeri, seperti di Inggris, gardening leave itu selama enam bulan.

"Saya sudah dua tahun, apalagi dinamika teknologi itu luar biasa, saya harus belajar lagi, saya harus kejar ketinggalan," ungkapnya.

Rudiantara merupakan profesional di industri telekomunikasi. Pria kelahiran Bogor itu sudah merasakan asam garam di industri ini, mulai dari XL Axiata, Telkom, dan Indosat Ooredoo.

Khusus untuk nama terakhir, Chief RA terhitung Sudah dua kali ia mengabdi kepada Indosat Ooredoo, pertama sebagai karyawan dan kedua sebagai Komisaris Indosat Ooredoo. Kali ini ia berjodoh lagi Indosat Ooredoo, meski sekarang perusahaan tersebut sudah bertransformasi dengan bergabung dengan Tri Indonesia yang bernama Indosat Ooredoo Hutchison.

"Nggak tau ya, hanya Allah yang tahu," pungkasnya.



Simak Video "Tok! Kominfo Setujui Merger Indosat dan Tri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)