3 Operator Seluler Unjuk Gigi Layanan 5G di KTT G20

ADVERTISEMENT

3 Operator Seluler Unjuk Gigi Layanan 5G di KTT G20

Sui Suadnyana/ - detikInet
Sabtu, 27 Nov 2021 16:45 WIB
5g
Tiga operator bakal unjuk gigi layanan 5G di KTT G20 Foto: 5g (M Fakhry Arrizal/detikcom)
Jakarta -

Tiga operator seluler di Indonesia bakal unjuk gigi layanan 5G di 20 venue Konferensi Tingkat Tinggi The Group of Twenty (KTT G20). Ketiga operator tersebut yakni Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo.

"Ya tiga (operator seluler) itu yang akan melakukan showcase selama persiapan G20, setahun ke depan ini," kata Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) Anang Acmad Latif di The Nusa Bali.

Menurut Anang, dirinya ditunjuk sebagai Ketua Kelompok Kerja (Pokja) infrastruktur di KTT G20. Salah satu tugasnya adalah menyiapkan 5G showcase experience.

"Jadi kami intinya ingin menunjukkan bahwa pada seluruh mitra kami di G20 bahwa Indonesia ini sudah lebih maju. Mungkin berbeda dengan persepsi mereka selama ini bahwa kita di sisi teknologi komunikasi dan data seluler, kita cukup advance," terangnya.

"Tiga operator yang sudah diberikan lisensi kami akan lakukan persiapan menunjukkan bahwa bahkan di beberapa sekitar 20 venue yang akan kami siapkan untuk 5G experience," jelasnya.

Anang Acmad Latif ,  Direktur Utama BAKTI KominfoAnang Acmad Latif , Direktur Utama BAKTI Kominfo Foto: Sui Suadnyana/detikcom

Dengan begitu, nantinya para peserta meeting baik kepala negara maupun menteri bisa merasakan 5G experience di Indonesia, khususnya di sektor telekomunikasi. Adapun showcase 5G nanti salah satunya dilakukan dengan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

"Ya itu salah satu yang akan disiapkan. Nanti akan disiapkan booth segala, ya masing-masing (operator seluler) akan menunjukkan (jaringan 5G-nya). Karena ini bukan cuman sinyalnya, aplikasinya pun harus yang memberikan experience berbeda dengan 4G selama ini," ungkap Anang Latif.



Simak Video "Indonesia Bawa 5 Misi Kesehatan di G20"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT