Dijanjikan Anti Lemot, XL Axiata Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Dijanjikan Anti Lemot, XL Axiata Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 25 Nov 2021 10:29 WIB
Teknologi Open RAN XL Axiata
Dijamin Anti-Lemot, XL Axiata Tingkatkan Kapasitas Jaringan. Foto: XL Axiata
Jakarta -

Trafik data yang kian meningkat dalam beberapa tahun terakhir membuat XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan miliknya. Langkah tersebut dilakukan agar akses internet yang disediakannya tidak lemot.

Bekerjasama dengan Huawei, XL Axiata menerapkan teknologi terbaru Smart Massive MIMO. Serangkaian uji coba telah dilakukan, penerapan teknologi ini pun dinilai berhasil dan kapasitas jaringan hingga beberapa kali lipat lebih besar.

"Seiring dengan semakin meningkatkan kebutuhan pelanggan atas layanan data dan internet, kami dituntut untuk mampu terus memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Trafik penggunaan yang meningkat harus diimbangi dengan kapasitas jaringan yang memadai agar kualitas layanan tidak menurun," tutur Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam siaran persnya, Rabu (24/11/2021).

Smart Massive MIMO adalah teknologi teknologi yang menggunakan konsep multiple-input dan multiple-output radio yang dapat meningkatkan kapasitas jaringan dan efisiensi spektrum.

Teknologi ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan dengan memanfaatkan teknik massive antenna array dan feature beamforming.

Selain itu, dari sisi operasional jaringan, teknologi ini dapat memperbesar efisiensi spektrum pada jaringan, sehingga membantu mengurangi beban operasional jaringan.

Smart Massive MIMO diimplementasikan untuk menjawab permasalahan pada area yang memiliki jumlah pengguna yang banyak dengan konsumsi trafik data yang tinggi. seperti, video conference, video streaming, webinar, dan video call yang butuh kapasitas besar.

XL Axiata menyebutkan penerapan Smart Massive MIMO ini difokuskan di area trafik data dan internet yang tinggi, yakni area padat penduduk, perkantoran, tempat wisata, higga pusat perbelanjaan.

Implementasi Smart Massive MIMO ini juga dapat mendukung jaringan 5G, teknologi ini juga akan mampu meningkatkan kapasitas jaringan sekitar enam hingga sembilan kali lipat pada jaringan 5G dan juga efisien dalam penggunaan spektrum yang ada.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)