Kapan Ya Layanan 5G di Indonesia Bisa Digelar Merata?

Kapan Ya Layanan 5G di Indonesia Bisa Digelar Merata?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 19 Nov 2021 17:30 WIB
Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena.
Kapan Layanan 5G di Indonesia Bisa Digelar Merata?. Foto: screenshot
Jakarta -

Layanan 5G di Indonesia saat ini baru tersedia secara terbatas cakupannya. Lalu, kapan jaringan 5G bisa meluas sampai ke seluruh wilayah Indonesia.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Bayu Hanantasena mengungkapkan bahwa persoalan tersebut akan terjawab apabila ketersediaan spektrum frekuensi 5G sudah tersedia.

Sebagai informasi, untuk mendapatkan layanan 5G yang sesungguhnya dibutuhkan lebar pita 80-100 MHz. Sementara itu, operator seluler saat ini harus tetap mendahulukan layanan 4G yang sudah masif penggelarannya, sedangkan untuk menggelar 5G alokasi spektrumnya masih terbatas sekitar 20-30 MHz.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan pemerintah menerapkan teknologi netral dalam implementasi layanan 5G. Kendati begitu, operator seluler membutuhkan spektrum tambahan agar bisa menghadirkan 5G yang sesungguhnya.

"Saat ini memang implementasinya di pasar enterprise atau sektor privat dulu, tapi pada akhirnya itu akan menjangkau masyarakat luas. Tentunya yang sangat penting adalah spektrum untuk 5G ini sudah siap" ungkap Bayu, Jumat (19/11/2021).

"Tadi saya tanya Pak Denny dari Kominfo "Kapan pak ready-nya? Insya Allah tahun depan akan dibuka spektrum tambahan untuk 5G". Tentunya akan perlu sedikit waktu lagi penggelaran. Kalau hari ini baru ada di beberapa titik 5G-nya, kalau masif itu sekitar tahun 2023 itu perkiraan saya," sambungnya.

Di sisi lain ekosistem HP 5G yang saat ini harganya masih mahal, nanti bila penggelaran 5G sudah makin merata, kata Bayu, bisa berdampak pada harga smartphone 5G bisa turun.

"5G ini di luar (negeri) juga baru-baru dan aplikasi yang nendang banget ya gaming, pemain industri," ucapnya.

Setelah menghadirkan 5G Indosat ke Solo, Jakarta, Surabaya, dan terbaru ke Makassar, operator seluler yang identik warna kuning merah ini direncanakan memperluas jangkauannya ke Kalimantan, hanya saja kotanya belum disebutkan.



Simak Video "4 Lokasi Awal yang Bisa Nikmati Layanan 5G Indosat"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)