5G Indosat Ooredoo Resmi Hadir di Kota Makassar

5G Indosat Ooredoo Resmi Hadir di Kota Makassar

Agus Tri Haryanto, Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 19 Nov 2021 15:40 WIB
Indosat Ooredoo meresmikan layanan 5G secara komersial di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
5G Indosat Ooredoo Resmi Hadir di Kota Makassar. Foto: Indosat Ooredoo
Jakarta -

Indosat Ooredoo memperluas jangkauan layanan 5G, yang mana saat ini menyambangi Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Makassar merupakan kota keempat yang tersedia sinyal 5G Indosat, di mana sebelumnya sudah lebih dulu hadir di Solo, Jakarta, dan Surabaya.

"Kami mengawali perjalanan 5G di Solo, kemudian ke Jakarta, Surabaya, dan hari ini 5G Indosat sudah ada di Makassaar," ungkap Chief Operating Officer (COO) Indosat Ooredoo, Vikram Sinhasecara virtual, Jumat (19/11/2021).

Dalam membawa sinyal 5G ke Makassar, Indosat menjalin kerja sama dengan Huawei selaku vendor penyedia infrastruktur teknologi jaringan generasi kelima.

Kolaborasi Indosat-Huawei dalam menghadirkan layanan 5G komersial ini dengan menggenjot ekonomi lokal, khususnya di sektor agrikultur, perdagangan, dan pariwisata.

Indosat merupakan satu dari tiga operator seluler yang telah diberikan izin Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menggelar layanan 5G secara komersial.

Untuk mengatasi keterbatasan spektrum dalam menggelar layanan 5G, Indosat menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Teknologi ini memungkinkan sebuah spektrum menjalankan dua teknologi secara bersamaan, seperti layanan 4G dan 5G.

Adapun untuk menggelar layanan 5G secara komersial ini, Indosat Ooredoo akan memakai pita frekuensi 1800 MHz dengan lebar pita 20 Mhz di rentang 1837,5 MHz sampai dengan 1857,5 MHz.



Simak Video "Indosat Luncurkan 5G di Solo, Gibran: Semua untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)