Telkomsel Hadirkan Aplikasi Kesehatan Fita, Apa Keunggulannya?

Telkomsel Hadirkan Aplikasi Kesehatan Fita, Apa Keunggulannya?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 10 Nov 2021 20:30 WIB
Telkomsel meluncurkan aplikasi kesehatan bernama Fita.
Telkomsel Hadirkan Aplikasi Kesehatan Fita, Apa Keunggulannya? Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel meluncurkan aplikasi kesehatan bernama Fita. Apa keunggulan aplikasi Fita ini dibandingkan aplikasi sejenis lainnya?

Pandemi telah mengubah cara manusia bagaimana menjaga kesehatan merupakan hal yang penting. Hal itu yang mendasari Telkomsel untuk menghadirkan platform layanan digital terbaru berbasis health-tech Fita.

Berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, kardiovaskular, diabetes, dan lainnya muncul akibat pola hidup yang tidak sehat. Ditambah fakta lain data Satgas COVID-19 Kementerian Kesehatan pada Oktober 2020 menunjukkan bahwa dari 1.488 pasien, 34,5% merupakan pasien peserta diabetes melitus.

"Melalui pengembangan inovasi, Telkomsel menghadirkan aplikasi Fita yang dikembangkan secara langsung oleh SDM internal berkolaborasi dengan mitra strategis sebagai respon solusi kebutuhan masyarakat, terutama selama pandemi berlangsung," ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Rabu (10/11/2021).

Aplikasi Fita fokus untuk mengubah perilaku masyarakat dengan menerapkan kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan. Di dalam aplikasi ini terdapat localized content seputar kesehatan, nutrisi, dan berbagai program olahraga yang telah dikurasi oleh pelatih kebugaran tersertifikasi.

"Fita diharapkan jadi solusi ke depan bagi masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran pola hidup sehat," ungkap Hendri.

Meski baru resmi diluncurkan hari ini, aplikasi Fita sudah muncul sejak Agustus lalu dan diklaim telah diunduh lebih dari 300 ribu pengguna.

Telkomsel meluncurkan aplikasi kesehatan aplikasi FitaTelkomsel meluncurkan aplikasi kesehatan aplikasi Fita Foto: Screenshot

Cara Mendaftar Aplikasi Fita

Dalam menghadirkan konten kesehatan ini, Telkomsel saat ini telah bekerjasama dengan 40 pelatih kebugaran dan ahli nutrisi di seluruh Indonesia yang dijamin sertifikasinya.

Telkomsel menegaskan untuk saat ini aplikasi Fita gratis. Namun ke depannya, akan ada biaya untuk mengakses konten premium.

Untuk mendaftar pada aplikasi Fita, pada tahap awal pengguna diwajibkan untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait kondisi fisik dan healthy goal yang ingin mereka raih.

Lalu, mereka akan diberikan daily task yang harus diselesaikan. Daily task ini bertujuan untuk membangun kebiasaan baik, agar terbentuk mindset yang merupakan langkah awal terciptanya pola hidup sehat.

"Fita menawarkan personalized program untuk setiap pengguna. Melalui Fita, pengguna dapat mengukur sejumlah aktivitas seperti daily steps, guna mengetahui asupan kalori yang mereka konsumsi, dan menjumpai beragam workout video. Selain itu, pengguna dapat mengakses artikel kesehatan, meal plan, healthy recipe yang sudah dilengkapi dengan video memasak," tutur CEO Fita Reynazran Royono.

Reynazran mengatakan bahwa Fita masih 'bayi', yang mana akan terus dikembangkan Telkomsel, misalnya akan dilengkapi oleh AI technology untuk mencapai tingkat accuracy yang maksimal.

"Seperti contoh, pengguna bisa mengunggah foto makanan yang ia konsumsi untuk mendapatkan macronutrients," pungkasnya.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)