Telkom Siapkan Infrastruktur Jaringan Kelas Dunia di Mandalika

Telkom Siapkan Infrastruktur Jaringan Kelas Dunia di Mandalika

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Jumat, 05 Nov 2021 10:05 WIB
Telkom Siapkan Infrastuktur Jaringan Kelas Dunia di Mandalika
Foto: Dok. Telkom
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar aktivitas uji jaringan (rehearsal test) di Kantor Telkom Mataram. Hal ini guna memastikan kesiapan infrastruktur jaringan Information & Communication Technology (ICT) milik TelkomGroup di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Adapun uji jaringan pada Rabu (3/11) tersebut dilakukan pada infrastruktur backbone, jaringan akses dan layanan baik yang berupa kabel bawah laut maupun radio IP.

Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan pihaknya siap mendukung upaya pemerintah untuk menjadikan Mandalika sebagai satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas sebagaimana telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Utamanya di Mandalika International Street Circuit yang merupakan tempat diselenggarakannya rangkaian event internasional bergengsi seperti World Superbike dan MotoGP.

"Saat ini Telkom tengah mempersiapkan seluruh fasilitas ICT beserta layanannya untuk salah satu destinasi super prioritas, yakni Mandalika, bekerja sama dengan ITDC Group. Terima kasih kepada ITDC Group, Pemprov NTB dan Pemerintah yang terus memberikan kepercayaan kepada Telkom untuk mempersiapkan dan mengawal infrastruktur ICT pada pelaksanaan berbagai event besar negara," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (5/11/2021).

Herlan menambahkan Telkom memastikan infrastruktur dan layanan di Mandalika dalam kondisi prima dengan konfigurasi alternatif backup yang baik. Uji jaringan ini pun dilakukan untuk memastikan bahwa infrastruktur seperti jalur backbone baik main route maupun alternative route bekerja dengan baik, jalur transport regional serta yang lainnya.

"Semoga penyediaan fasilitas ICT dan digitalisasi ini menjadi wujud kontribusi TelkomGroup untuk memajukan Indonesia, khususnya NTB menjadi lebih baik lagi," tuturnya.

Lebih lanjut, Herlan pun menjabarkan 2 peran utama TelkomGroup dalam mendukung digitalisasi di Kawasan Mandalika. Pertama yaitu sebagai penyedia infrastruktur ICT dan sebagai pendukung UMKM serta ekosistem di sekitar kawasan. Untuk infrastruktur ICT, lanjut dia, TelkomGroup telah melakukan penggelaran jaringan yang meliputi ekspansi backbone, penggelaran fiber optic baik di lokasi event maupun ekosistem pendukungnya hingga penambahan Node B Combat Telkomsel yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ICT di kawasan sebesar 7.22 Gbps.

Dukungan ini disediakan di area MASIV (Media, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue) dengan layanan meliputi View, Internet, dan Phone (VIP).

Kedua yaitu terkait dengan dukungan bagi UMKM. Herlan menyebut pihaknya telah menyediakan Point of Sales (PoS) bagi UMKM penyedia merchandise dan food & beverage serta mendukung pengelolaan homestay di sekitar kawasan Mandalika dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps. Dukungan tersebut diselenggarakan melalui berbagai platform dan booking apps, seperti Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja.

Klik Halaman Selanjutnya >>>