Janji Ganti Rugi Telkom untuk Pelanggan, Gegara Kabel Jasuka - Halaman 3

Terpopuler Sepekan

Janji Ganti Rugi Telkom untuk Pelanggan, Gegara Kabel Jasuka

Tim - detikInet
Sabtu, 25 Sep 2021 08:45 WIB
Logo Telkom
Janji Ganti Rugi Telkom untuk Pelanggan, Gegara Kabel Jasuka (Foto: Ari Saputra/detikcom)

3. Perbaikan Jasuka butuh waktu sebulan

Perbaikan kabel bawah laut Jasuka diperkirakan butuh waktu sebulan. Telkom mengungkapkan waktu sebulan tersebut digunakan untuk memperbaiki kabel laut Jasuka hingga dapat digunakan kembali sediakala.

"Untuk perbaikan kabel laut yang merupakan sumber gangguan, Telkom akan segera melakukan penyambungan kabel laut yang didahului berbagai persiapan, seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan," ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, Kamis (23/9).

"Untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan serta yang tak kalah penting adalah pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan tersebut," ucapnya menambahkan.

Selama perbaiki dan layanan internet tetap berjalan, Telkom melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

4. Janji ganti rugi dari Telkom dan pemulihan jaringan

Karena ramai keluhan layanan dari konsumen, apalagi mereka yang WFH dan belajar dari rumah, Telkom pun memberikan ganti rugi. Telkom akan memberikan kompensasi kepada pelanggan yang terdampak sesuai aturan yang berlaku akibat gangguan di kabel laut Jasuka.

"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan," ujar Vice President Marketing Management Telkom E Kurniawan kepada detikINET, Kamis (23/9/2021).

Agar layanan internet tetap berjalan, Telkom telah mengalihkan routing layanan ke network lainnya dan saat ini fokus untuk mempercepat perbaikan kabel laut Jasuka serta memberikan win win solution bagi pelanggan.

"Selain itu juga terkait dengan pembayaran tagihan IndiHome, Telkom akan memberlakukan kebijakan bebas denda dan pengunduran batas akhir pembayaran hingga 25 September 2021," jelas E Kurniawan menjelaskan ganti rugi yang dimaksud.

Pada Jumat (24/9) Telkom mengklaim layanan IndiHome dan Telkomsel sudah pulih sepenuhnya melalui rerouting dan back up link. Sementara perbaikan kabel bawah laut Jasuka ditargetkan selesai Minggu kedua Oktober 2021.

"Hingga hari ini kapasitas bandwidth telah mencapai target pemulihan 100% layanan, seiring dengan bertambahnya kapasitas sebesar 1 Tbps kemarin malam," ujar Vice President Corporate Communications Telkom, Pujo Pramono.

Mudah-mudahan, masalah ini tidak terjadi lagi ya. Kejadian ini pun membuka mata kita betapa kabel bawah laut adalah infrastruktur vital, namun rentan dengan kerusakan.



Simak Video "IndiHome Dilaporkan Lemot Lagi, Apa Penyebabnya Kali Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)