Ini Sebabnya Perbaikan Kabel Laut Jasuka Makan Waktu Sebulan

Ini Sebabnya Perbaikan Kabel Laut Jasuka Makan Waktu Sebulan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 23 Sep 2021 20:42 WIB
Kabel Fiber Optik Bawah Laut
Ini Alasan Perbaikan Kabel Laut Jasuka Memakan Waktu Sebulan (Foto: Defense.gov)
Jakarta -

Butuh waktu sampai sebulan untuk memperbaiki Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jawa, Sumatera, Kalimantan (Jasuka) yang sempat bikin layanan IndiHome dan Telkomsel down pada Minggu (19/9).

Telkom mengungkapkan waktu sebulan tersebut digunakan untuk memperbaiki kabel laut Jasuka hingga dapat digunakan kembali sediakala.

"Untuk perbaikan kabel laut yang merupakan sumber gangguan, Telkom akan segera melakukan penyambungan kabel laut yang didahului berbagai persiapan, seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan," ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, Kamis (23/9/2021).

"Untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan serta yang tak kalah penting adalah pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan tersebut," ucapnya menambahkan.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab gangguan yang terjadi pada kabel laut Jasuka tersebut. Telkom menyebutkan saat ini gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," jelasnya.

Kabel laut Jasuka adalah fiber optik yang membentang sepanjang 10.860 kilometer menghubungi Bandar Lampung, Batam, Baturaja, Dumai, Jakarta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Rantu Prapat, Sibolga, Tanjung Pakis, Tanjung Pandan, Tebing Tinggi, dan Bandar Bukit Tinggi yang ada di Malaysia.

Selama perbaiki dan layanan internet tetap berjalan, Telkom melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.



Simak Video "Netizen Ngeluh IndiHome Lemot, Ini Jawaban Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)