Telkomsel Klaim Seluruh Layanan Sudah Normal Kembali

Telkomsel Klaim Seluruh Layanan Sudah Normal Kembali

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 23 Sep 2021 15:04 WIB
Logo Telkomsel
Layanan Telkomsel diklaim 100% Sudah Normal Kembali pasca Adanya Gangguan di Kabel Laut Jasuka (Foto: Telkomsel)
Jakarta -

Sempat gangguan pada Minggu (19/9) Telkomsel mengumumkan bahwa per hari ini, Kamis (23/9/2021) layanan miliknya sudah pulih 100%.

Akhir pekan kemarin, tak hanya Telkomsel, layanan fixed broadband IndiHome mengalami permasalahan dampak adanya gangguan pada Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jawa, Sumatera, Kalimantan (Jasuka) ruas Batam-Pontianak.

Gangguan tersebut terjadi pada sekitar pukul 17.33 WIB, yang berdampak pada penurunan layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

"(Saat ini) akses layanan internet Telkomsel di seluruh wilayah yang terdampak gangguan telah pulih dan dapat diakses dengan normal," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikINET, Kamis (23/9/2021).

"Percepatan pemulihan yang dilakukan merupakan wujud komitmen Telkomsel bersama Telkom Group dan seluruh pihak yang berkepentingan dalam memastikan pemenuhan kenyamanan pelanggan," sambungnya.

Sebelumnya, Telkom mengungkapkan, untuk melakukan perbaikan kabel laut Jasuka berlangsung sekitar sebulan.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab gangguan yang terjadi pada kabel laut Jasuka tersebut. Telkom menyebutkan saat ini gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

"Kenyamanan pelanggan adalah fokus utama kami. Dan sejak tanggal 20 September Layanan telah dapat digunakan untuk kegiatan LFH dan WFH pelanggan. Tentunya Telkom pun tidak menginginkan terjadinya gangguan kabel laut yang mengakibatkan penurunan kualitas yang dirasakan pelanggan," tutur Vice President Marketing Mangament Telkom E Kurniawan.

Agar layanan internet tetap berjalan, Telkom telah mengalihkan routing layanan ke network lainnya dan saat ini fokus untuk mempercepat perbaikan kabel laut Jasuka serta memberikan win win solution bagi pelanggan.

Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak gangguan, Telkom akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing langganan.



Simak Video "Netizen Ngeluh IndiHome Lemot, Ini Jawaban Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)