Ini Daftar Lokasi Jaringan 5G XL Axiata

Ini Daftar Lokasi Jaringan 5G XL Axiata

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 25 Agu 2021 17:17 WIB
Sejumlah karyawan mencoba demo layanan 5G di XL Center, XL Axiata Tower, Jakarta usai Kominfo menyatakan lolos Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.
Foto: dok. Kominfo
Jakarta -

Setelah mengantongi restu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berupa Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G, XL Axiata memperluas cakupan wilayah yang mendapatkan jaringan 5G.

Bila pekan lalu usai diterbitkan SKLO 5G, XL Axiata mengumumkan ada empat lokasi adanya sinyal 5G, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya yang semua berada di area XL Center. Jaringan 5G XL Axiata ini juga tersedia di sebagian Jalan Margonda (Depok) dan Gedung Sate (Bandung).

Kini XL Axiata berencana untuk memperluas daftar wilayah yang bisa menjajal jaringan seluler generasi kelima tersebut, seperti akan menyambangi Medan, Banjarmasin, dan Makassar. Ketiga kota ini ditargetkan tersedia layanan 5G XL Axiata pada pertengahan September 2021.

"Sejak 18 Agustus lalu, pelanggan sudah bisa merasakan layanan 5G secara bertahap di beberapa lokasi. Dalam waktu dekat 5G bisa dinikmati di kota-kota lain, seperti Medan, Banjarmasin, dan Makassar," ujar Head of Technology XL Axiata, Tetra Siti Sarah, Rabu (25/8/2021).

Medan, Banjarmasin, dan Makassar disasar operator seluler yang identik warna biru ini untuk menghadirkan 5G, karena berdasarkan kesiapan infrastruktur jaringan yang ada untuk menggelar layanan 5G.

Perluasan jaringan 5G ini menjadi bagian dari upaya percepatan penyiapan ekosistem yang diperlukan, seperti fiberisasi jaringan di semua wilayah operasi, kolaborasi dengan penyedia perangkat dalam penyediaan perangkat smartphone 5G.

Hal tersebut agar mudah didapatkan pelanggan dan masyarakat, penyediaan dari sisi sumber daya manusia, hingga edukasi untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat teknologi 5G guna mendukung kehidupan sehari-hari.



Untuk menggelar layanan 5G, XL Axiata memanfaatkan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) yang tak lain adalah penggunaan spektrum yang sama dipakai untuk 4G juga. XL Axiata menerapkan teknologi tersebut di pita frekuensi 1.800 MHz dan 2.100 MHz.

Implementasi DSS menjadi alternatif pilihan mengingat keterbatasan frekuensi yang dimiliki XL untuk menghadirkan 5G. Kendati dipakai bersamaan untuk 4G, XL Axiata memastikan layanan akan tetap oke.

Dengan demikian, layanan 5G dari XL Axiata pada September 2021 nanti adalah sebagai berikut:

  • Jakarta (XL Center)
  • Bandung (XL Center dan Gedung Sate)
  • Yogyakarta (XL Center)
  • Surabaya (XL Center)
  • Depok (sebagian Jl Margonda Raya)
  • Medan
  • Banjarmasin
  • Makassar


Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)