Apa Itu DSS, Teknologi yang Dipakai XL Axiata Gelar 5G?

Apa Itu DSS, Teknologi yang Dipakai XL Axiata Gelar 5G?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 12 Agu 2021 21:40 WIB
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberi lampu hijau untuk XL Axiata gelar layanan 5G. XL Axiata akan pakai teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS), apa itu?

XL Axiata menerapkan teknologi tersebut di pita frekuensi 1.800 MHz dan 2.100 MHz. Teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) adalah pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G.

Implementasi DSS menjadi alternatif pilihan mengingat keterbatasan frekuensi yang dimiliki XL untuk menghadirkan 5G. Kendati dipakai bersamaan untuk 4G, XL Axiata memastikan layanan akan tetap oke.

Adapun, operator seluler yang identik warna biru ini akan menggunakan lebar pita 20 MHz untuk menggelar 5G.

"Kami sebetulnya sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan kami melakukan berbagai persiapan menuju digelarnya jaringan 5G," ujar Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini, Kamis (12/8/2021).

Secara teknologi dan jaringan, XL Axiata telah melakukan berbagai persiapan untuk menggelar jaringan 5G. Dari sisi radio, menerapkan modernisasi perangkat jaringan radio untuk mempercepat adopsi 5G.

Pada sisi jaringan transport, terus dilakukan perluasan jaringan tulang punggung (back bone) fiber optik dan fiberisasi yang menjangkau seluruh wilayah operasi dan layanan XL Axiata.

Pada sisi core, XL Axiata telah melakukan konvergensi jaringan dan IT dengan menerapkan teknologi Network Functions Virtualization (NFV) dan juga memastikan kesiapan jaringan VoLTE yang memberikan layanan telepon pada jaringan 4G sebagai bagian evolusi menuju 5G.

Selain persiapan di sisi jaringan, XL Axiata juga melakukan serangkaian uji coba use case 5G yang sudah dimulai sejak 2017 hingga sekarang, yaitu 5G outdoor, 5G eMBB, smart city, dan hologram, serta pengujian beberapa spektrum untuk jaringan 5G seperti milimeter wave.

XL Axiata mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menggelar layanan 5G secara komersial.XL Axiata mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menggelar layanan 5G secara komersial. Foto: XL Axiata

"XL Axiata mendukung pemerintah dalam melakukan percepatan implementasi teknologi 5G di Indonesia, selaras dengan spirit untuk terus berinovasi dan selalu adaptif terhadap setiap perkembangan teknologi telekomunikasi secara global," ungkapnya.

XL Axiata dinyatakan lolos sebagai operator seluler ketiga yang mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G. Setelah sebelumnya, ada Telkomsel dan Indosat Ooredoo.

XL Axiata akan menggelar layanan 5G secara bertahap, di mana tahap awal akan hadir di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya pada 18 Agustus 2021.

(agt/fay)