Resmi! XL Axiata Susul Telkomsel-Indosat Komersialisasi 5G

Resmi! XL Axiata Susul Telkomsel-Indosat Komersialisasi 5G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 12 Agu 2021 16:52 WIB
Jakarta -

XL Axiata mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Itu artinya, XL Axiata dapat mengkomersialisasi layanan 5G ke masyarakat.

SKLO tersebut didapatkan XL Axiata setelah melakukan Uji Laik Operasi (ULO) 5G pada 3-5 Agustus 2021. Tahapan ini menjadi syarat sebelum operator seluler jualan 5G kepada pelanggan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, XL Axiata memperoleh SKLO sehari usai dilakukannya ULO 5G, yaitu pada tanggal 6 Agustus.

Adapun, lokasi uji coba internet 5G XL Axiata bertempat di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat.

"Hari ini menyambut hadirnya XL Axiata yang baru saja mendapatkan SKLO layanan 5G," ujar Johnny, Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Lebih lanjut, Johnny menyebutkan, penerbitan SKLO 5G XL Axiata ini berdasarkan Pasal 4 Peraturan Menkominfo Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi, yang mana turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar).

Dalam menggelar layanan 5G secara komersial, XL Axiata akan menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dengan menggunakan gabungan pita frekuensi 1800 MHz dengan 2100 MHz.

Dengan ini, tercatat ada tiga operator seluler yang mendapatkan restu Kominfo untuk komersialisasi layanan 5G, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan terbaru XL Axiata.

Untuk Telkomsel telah menghadirkan 5G sejak 27 Mei 2021, kemudian Indosat Ooredoo pada 22 Juni 2021 Keduanya sama-sama menggelar 5G di wilayah secara terbatas dan bertahap.

"Dengan mulainya komersialisasi 5G XL Axiata ini meramaikan industri telekomunikasi," pungkasnya.

(agt/fay)