Uji Internet 5G XL Axiata Bergantung Aturan PPKM

Uji Internet 5G XL Axiata Bergantung Aturan PPKM

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 27 Jul 2021 19:45 WIB
XL Axiata menjamin dan mengecek kesiapan jaringan XL guna menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Chief Technologi Officer XL Axiata, I Gede Dharmayusa menjelaskan perkembangan dan kesiapan jaringan dalam menghadapi lonjakan pengguna dimasa libur Natal dan Tahun Baru.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

XL Axiata mengungkapkan siap menyusul Telkomsel dan Indosat Ooredoo menghadirkan layanan 5G secara komersial dalam waktu dekat ini.

Sebelum sampai ke tahap tersebut, XL Axiata harus melakukan Uji Laik Operasi (ULO) 5G. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menetapkan jadwal pengujian internet 5G untuk XL Axiata, yaitu pada 2-4 Agustus 2021.

"Terkait dengan rencana ULO 5G, dapat kami sampaikan bahwa kami memang harus bersiap menuju ULO 5G," ungkap Group Head Corporate Communications Tri Wahyuningsih kepada detikINET, Selasa (27/7/2021).

Hanya saja, ULO 5G XL Axiata tersebut bergantung dari kebijakan PPKM yang saat ini diterapkan pemerintah dalam mengendalikan penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Namun, kami juga harus memperhatikan aturan terkait pemberlakuan PPKM terkini, sehingga untuk tanggal pastinya hingga kini belum bisa kami sampaikan," kata Ayu.

Sebelumnya, XL Axiata getol mempersiapkan jaringan 5G dengan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur data, fiberisasi dan menjajagi teknologi baru.

"Karena implementasi 5G tidak bisa lepas dari kesiapan ekosistem pendukung, seperti ketersediaan spektrum, kesiapan regulasi, use case dan device," jelasnya.

Berdasarkan referensi global, spektrum 5G menjadi salah satu konsiderasi biaya terbesar dalam implementasi 5G, selain itu implementasi teknologi 5G juga membutuhkan investasi yang sangat besar, dan kesiapan use case juga menjadi faktor yang dapat menjamin business case yang positif bagi operator dan yang tidak kalah penting ketersediaan device 5G dengan harga terjangkau.

"Kesemuanya tersebut nantinya akan turut mempengaruhi hadirnya layanan 5G yang terjangkau bagi masyarakat. Itu sebabnya persiapan akan terus kami lakukan hingga terbentuknya ekosistem 5G yang lebih ideal," pungkasnya.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)