XL Selimuti Lampung 4G Sampai ke Pedesaan

XL Selimuti Lampung 4G Sampai ke Pedesaan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 05 Jul 2021 15:11 WIB
BTS XL Axiata
Foto: XL Axiata
Jakarta -

XL Axiata kembali memperluas jaringan 4G. Terbaru, sinyal 4G XL sudah menjangkau 92% wilayah di Lampung atau 2.431 desa dari total 2.653 desa di provinsi tersebut.

Rencananya, perluasan jaringan 4G masih tetap dilakukan XL, di mana target selanjutnya dapat menyelimuti wilayah Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Tanggamus.

Perluasan sinyal 4G tersebut seiring dengan meningkatnya trafik dan tumbuhnya jumlah pelanggan di Lampung. Saat ini seluruh wilayah Lampung, jaringan XL Axiata diperkuat lebih dari 3.300 BTS, termasuk di antaranya lebih dari 1.400 BTS 4G.

"Jumlah BTS ini akan terus bertambah seiring dengan perluasan jaringan yang terus berlangsung, termasuk ke area-area baru yang sebelumnya belum terjangkau layanan seluler," ujar Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi dalam siaran persnya, Senin (5/7/2021).

Menurut Desy, selain perluasan, peningkatan kualitas jaringan data juga terus dilakukan. Peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan antara lain pada RAN dan transport untuk memperbesar kapasitas jaringan sehingga layanan yang diterima oleh pelanggan menjadi lebih baik.

Hasilnya, kualitas jaringan data secara rata-rata bagus untuk mengakses berbagai jenis layanan data, termasuk yang berkapasitas besar seperti streaming video. Beberapa wilayah yang sudah mendapatkan peningkatan kualitas jaringan antara lain Tanggamus, Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Barat, dan Lampung Utara.



Sementara itu untuk peningkatan jangkauan, XL Axiata juga telah melakukan perluasan jaringan data berkualitas hingga ke pelosok pedesaan, antara lain di wilayah Kecamatan Hulusungkai, Kabupaten Lampung Utara, serta Kecamatan Bulok di Kabupaten Tanggamus. Sejak Juli 2020, masyarakat sejumlah desa di kedua kecamatan tersebut bisa menikmati jaringan 4G XL Axiata.

Mengenai ketersediaan produk, operator seluler yang identik warna biru ini sudah tersedia di seluruh Lampung

"Seluruh paket produk XL Axiata dapat diperoleh di lebih dari 2.000 toko pulsa yang tersebar di seluruh kecamatan di Provinsi Lampung," kata Head of Sales Sumsel Outer, Lampung dan Bengkulu, Sarroso Dwi Panggah.



Simak Video "Masuki Era 5G, Menkominfo Tegaskan Nasib Jaringan 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)