XL Axiata Segera Gelar 5G, Susul Telkomsel-Indosat

XL Axiata Segera Gelar 5G, Susul Telkomsel-Indosat

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 29 Jun 2021 09:15 WIB
Untuk meningkatkan layanan digital, XL Axiata menjalin kemitraan strategis dengan Google Cloud Anthos untuk melanjutkan perjalanan transformasi digital perusahaan.
Gelar 5G Komersial, XL Axiata Segera Susul Telkomsel-Indosat. Foto: XL Axiata
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan XL Axiata akan melakukan Uji Laik Operasi (ULO) 5G pada bulan Juli.

Kepastian itu didapatkan usai anak perusahaan Axiata Group Bhd tersebut telah mengajukan permohonan ULO 5G ke pemerintah.

"Rencananya, ULO akan dilaksanakan pada bulan Juli. Saat ini, XL sedang mempersiapkan dokumen kelengkapan yang diperlukan," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi kepada detikINET.

Sebagai informasi, tahapan ULO merupakan hal yang penting sebelum digelarnya teknologi baru, termasuk 5G. Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler melakukan ULO terlebih dahulu sebelum menghadirkan teknologi terbaru ke publik secara komersial.

Setelah dilakukan ULO, yang mana pengujian teknologi seluler generasi kelima tersebut sukses dan berhasil. Tahapan selanjutnya, Kominfo penerbitan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) sebagai syarat operator jualan layanan 5G ke publik.

Bila SKLO 5G sudah dikantongi XL Axiata, maka operator seluler yang menyediakan layanan 5G secara komersial makin bertambah. Sebelumnya, Telkomsel sudah lebih meluncurkannya pada 27 Mei dan Indosat pada 22 Juni.

Dedy menuturkan Kominfo menyambut baik penggelaran 5G oleh beberapa operator seluler. Namun demikian harus dipastikan bahwa pemanfaatannya harus tepat guna, misalnya untuk kebutuhan akselerasi ekosistem ekonomi digital, pengembangan teknologi baru, dan sebagainya.

"Di saat bersamaan kita juga perlu mengantisipasi efek negatif dari penggunaan 5G, seperti pernyataan Bapak Presiden terkait potensi penyebaran ideologi transnasional radikal," ucapnya.

Disampaikannya juga, Kominfo mengatakan, penggelaran 5G akan beriringan dan saling melengkapi dengan penggelaran infrastruktur 4G yang saat ini sedang gencar dilakukan Pemerintah bersama Operator Seluler.



Simak Video "Jaringan 5G di Denpasar Capai 613 Mbps"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)