Speed Test 5G Ngebut di Bandung, Tembus 642 Mbps!

Speed Test 5G Ngebut di Bandung, Tembus 642 Mbps!

Yudha Maulana - detikInet
Selasa, 08 Jun 2021 18:49 WIB
Uji Kualitas Jaringan 5G di Bandung di ITB dan Telkom University
Uji coba 5G di ITB Bandung (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Jaringan 5G dari Telkomsel sudah mulai bisa dinikmati secara terbatas di Bandung. Uji kecepatannya sampai 642 Mbps.

Jaringan 5G Telkomsel bisa dibilang ngebut di Kota Kembang. Di Bandung, 5G bisa dijajal di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Rata-rata kecepatan jaringan 5G mencapai 636 - 642 Mbps saat diuji detikINET pada Selasa (8/6/2021) siang.

Dengan menggunakan Oppo Reno5 5G dan aplikasi speed test AIS, pada uji coba pertama di Telkom University, Kabupaten Bandung didapatkan kecepatan unduh 642 Mbps dan kecepatan unggah 89,6 Mbps.

Sedangkan, uji coba kedua dilakukan di ITB yang berada di Tamansari, Kota Bandung. Didapatkan kecepatan unduh 636 Mpbs dan kecepatan unggah 88,9 Mbps dengan perangkat dan aplikasi yang sama. Sebagai catatan, kecepatan tersebut masih belum maksimal mengingat masih sangat memungkinkannya peningkatan kualitas jaringan.

Uji Kualitas Jaringan 5G di Bandung di ITB dan Telkom UniversityUji Kualitas Jaringan 5G di Bandung di Telkom University (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Sebelumnya dalam acara Hyper 5G Unlock The Future, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, kecepatan jaringan 5G sebenarnya bisa jauh lebih cepat dari 796 Mbps. Di Solo kecepatan unduh 5G Telkomsel menembus 814 Mbps dan kecepatan unduh 30 Mbps.

Direktur Human Capital Management Telkomsel R Muharam Perbawamukti mengatakan, pihaknya akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi dan latensi rendah.

"Serta mendorong kolaborasi yang semakin kuat antar pemangku kepentingan yang memiiiki tujuan kuat yang sama dalam melakukan transformasi digital untuk mendukung aktivitas keseharian," ujar Muharam dalam keterangannya.

Telkomsel sendiri telah menghadirkan jaringan 5G ini di sembilan kota sejak diresmikan pada 27 Mei 2021 lalu. Sembilan kota tersebut yakni Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Balikpapan.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(ern/fay)