Menjajal 5G di Surabaya, Tembus 600 Mbps

Menjajal 5G di Surabaya, Tembus 600 Mbps

Hilda Meilisa Rinanda - detikInet
Senin, 07 Jun 2021 22:36 WIB
Peresmian Layanan 5G Telkomsel di Surabaya
Mencoba 5G di Surabaya (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Surabaya menjadi salah satu kota yang duluan mendapat jaringan 5G Telkomsel. Kecepatan download-nya menembus 600 Mbps.

Telkomsel menjadi operator pertama yang meluncurkan 5G secara komersial di Indonesia. Hari ini, detikcom berkesempatan mencoba langsung bagaimana kecepatan 5G dalam genggaman.

Di Surabaya, layanan 5G bisa dicoba di GraPARI Pemuda Surabaya. Pengunjung diperbolehkan mencoba langsung handphone yang telah terkoneksi dengan 5G.

Saat pertama mencoba, saya memilih untuk main game roller coaster secara Virtual Reality (VR). Hanya ada satu kata di benak saya, keren! Koneksi yang cepat dan stabil, menjadikan gambarnya begitu halus. Benar-benar seperti nyata.

Tak ketinggalan, saya juga menjajal streaming di YouTube. Masih mengenakan VR, saya mencoba mengunjungi Gunung Bromo. Hasilnya, saya seperti dibawa ke Bromo saat itu juga, sembari menikmati pemandangan dan uap dari kawah. Mantap!

Tidak melulu menggunakan VR, saya juga mencoba 5G dengan handphone. Streaming YouTube pun terasa cepat anti buffering. Hanya dua sampai tiga detik, video yang saya pilih bisa lancar diputar. Sama halnya saat membuka Google, hasilnya langsung keluar dalam hitungan kurang dari dua detik.

Selain itu, saya mencoba mengetes kecepatan sinyal Telkomsel 5G. Hasilnya, kecepatan download bisa mencapai lebih dari 600 Mbps. Sedangkan kecepatan upload lebih dari 70 Mbps.

Peresmian Layanan 5G Telkomsel di SurabayaVice President Consumer Sales Telkomsel Jawa Bali, Ihsan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)

Vice President Consumer Sales Jawa Bali Ihsan mengatakan hari ini bertepatan dengan peluncuran layanan 5G di Surabaya. Para pengguna Telkomsel yang penasaran, bisa mencoba menikmati layanan ini di GraPARI Telkomsel Pemuda Surabaya.

"5G ini merupakan jaringan generasi kelima. Konektivitas broadband yang super cepat hingga pengalaman berinternet yang superior. Saat ini sudah hadir di GraPARI Pemuda Surabaya, nanti juga akan dikembangkan lagi," kata Ihsan kepada detikcom di Surabaya, Senin (7/6/2021).

Ihsan memaparkan dalam launching ini juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Surabaya, Muhammad Fikser, Kepala Balai Monitoring Surabaya, Supriadi, Direktur Keuangan dan Risk Management Telkomsel Muhammad Ramzy. Dalam launching ini, para undangan juga merasakan langsung kecepatan akses menggunakan 5G.

"Di GraPARI ada VR juga, tadi kebetulan Kadis Kominfo Surabaya langsung merasakan pengalaman mencoba VR. Tadi kan di Raja Ampat, jadi kita seperti benar-benar di Raja Ampat. Tadi juga mencoba games yang bisa diakses dengan cepat," imbuhnya.

Ihsan berharap teknologi 5G ini bisa bermanfaat dan membantu masyarakat dalam kegiatan hingga pekerjaan sehari-hari.

"Harapan kami pastinya 5G bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi, mendatangkan lapangan kerja baru, akan membantu industri seperti pariwisata, pertambangan, properti," harap Ihsan.

Sementara itu, detikcom juga menemui salah satu pengguna Telkomsel, Madini yang datang langsung untuk mencoba teknologi terbaru ini. Madini mengaku sengaja datang ke GraPARI Telkomsel Pemuda Surabaya untuk mencoba konektivitas 5G.

"Saya lihat dari berita kalau layanan 5G bisa dicoba di sini akhirnya saya ke sini. Tadi nyobain browsing sama nge-game, hasilnya enak cepat banget," pungkas Madini.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fay)