Telkomsel Luncurkan 5G di 5 Kota dari Bandung Sampai Bali

Telkomsel Luncurkan 5G di 5 Kota dari Bandung Sampai Bali

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 07 Jun 2021 17:15 WIB
Peluncuran Layanan 5G Telkomsel di Batam. Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad sedang mencoba Cloud Gaming yang merupakan salah satu layanan digital menggunakan teknologi 5G Telkomsel didampingi oleh SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir (kiri) dan VP Consumer Sales Area Sumatera Telkomsel Erwin Tanjung (dua kanan).
Suasana peluncuran 5G telkomsel(Foto: Telkomsel)
Jakarta -

Menyusul Jakarta, Solo, Medan dan Balikpapan, layanan 5G Telkomsel diluncurkan untuk kota-kota lainnya. Sesuai rencana ada 5 kota lainnya termasuk Bandung dan Denpasar.

Sebagai operator 5G pertama di Indonesia, Telkomsel telah memaparkan rencana pergelaran 5G di sejumlah kota. Yang terbaru adalah Kota Surabaya, Makassar, Bandung, Batam dan Denpasar.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan hadirnya jaringan Telkomsel 5G mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut.

"Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri," kata Nugroho dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (7/6/2021).

Menurut dia, kehadiran 5G di 5 kota ini bisa membantu pariwisata, pengembangan riset, dan implementasi Industry 4.0. Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Mulyadi mengatakan kehadiran 5G di Denpasar diharapkan bisa membantu memulihkan pariwisata yang terdampak pandemi.

"Ini suatu kesempatan yang luar biasa, yang perlu dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Denpasar dan Bali pada umumnya. Hadirnya 5G harus dapat mendorong industri pariwisata di Bali menjadi lebih maju," kata Mulyadi.

Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan internet berkecepatan tinggi menjadi kebutuhan masyarakat di Denpasar. Menurut dia, sektor UMKM dan pariwisata sangat membutuhkannya.

"Dengan hadirnya jaringan 5G, diharapkan dapat membawa pengaruh positif dalam berbagai sektor, memberikan kesempatan kesempatan dan peluang yang tidak terbatas bagi masyarakat, khususnya warga Kota Denpasar dalam mengembangkan potensi yang dimiliki, utamanya di bidang ekonomi UMKM," kata dia.

Untuk 5 kota tambahan ini, pada fase awal layanan Telkomsel 5G akan hadir di tempat berikut ini:

  • GraPARI Batam Center
  • GraPARI Pettarani Makassar
  • GraPARI Pemuda Surabaya
  • GraPARI Renon Bali
  • Telkom University dan Institut Teknologi Bandung

Telkomsel juga menggandeng Schneider Electric untuk menghadirkan 5G bagi pelaku industri. Sementara itu, untuk kehadiran 5G di kampus ITB dan Telkom University adalah demi menunjang riset yang dilakukan pihak universitas.

"Saya berharap dengan adanya dukungan 5G di kampus Telkom University, mampu menumbuhkan semangat para peneliti Telkom University untuk terus mengembangkan riset-riset dan menghasilkan inovasi-inovasi yang bermuara para kebermanfaatan masyarakat Indonesia," kata Rektor Telkom University Prof Dr Adiwijaya SSi, MSi.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)