4 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet Anda

4 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet Anda

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 07 Jun 2021 11:12 WIB
Kecepatan Internet
Ilustrasi kecepatan dari jaringan internet. Foto: Istimewa
Jakarta -

Jaringan terbaru 5G membuat banyak orang antusias karena terbuka lebarnya harapan internet yang semakin cepat. Perlu dicatat, sebenarnya ada sejumlah hal yang mempengaruhi cepat atau tidaknya suatu jaringan internet.

Dikutip dari Origin Energy, Senin (7/6/2021) berikut ini beberapa faktor yang bisa berdampak pada kecepatan internet:

1. Jenis koneksi

Kecepatan internet Anda sangat bergantung pada jenis koneksi yang Anda miliki. Ada sejumlah jenis koneksi internet yang tersedia antara lain:

  • Fiber
  • Kabel
  • Fixed Wireless
  • Satelit
  • ADSL
  • Dialup

Di antara itu semua, ada banyak teknologi berbeda yang digunakan dan itu berdampak pada kecepatan yang berbeda.

2. Kemacetan jaringan

Saat semua orang online, internet bisa melambat. Walaupun memang jaringan modern dirancang untuk menangani volume koneksi yang tinggi, tetapi Anda mungkin masih mengalami penurunan kecepatan selama jam sibuk penggunaan internet.

3. Masalah WiFi

Ada setidaknya tiga hal yang mempengaruhi; lokasi router, gangguan dan tetangga.

Hal yang perlu dipertimbangkan pertama adalah jarak dari perangkat Anda dan router. Ketinggian router dari tanah, dan kedekatannya dengan material padat seperti beton dan logam juga berpengaruh karena dapat memblokir sinyal Wifi.

Selanjutnya, meskipun Wifi biasanya pada frekuensi yang berbeda dari kebanyakan perangkat di rumah Anda, masih ada potensi perangkat tersebut menyebabkan gangguan sehingga mengakibatkan kecepatan lebih lambat.

Demikian pula, area dengan jaringan Wifi dalam jumlah besar, seperti gedung apartemen, mungkin memiliki kekuatan sinyal yang buruk karena frekuensi yang saling bertentangan.

4. Paket

Kecepatan paket yang Anda pilih dari penyedia layanan internet Anda pun merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi kecepatan internet secara keseluruhan. Pastikan Anda sudah memahami soal paket yang Anda gunakan.



Simak Video "Begini Cara Aktivasi Fitur 5G di Samsung Galaxy A22 dan A32 5G!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)