Lobi Gibran Rakabuming Hingga Solo Jadi Kota Perintis 5G

Lobi Gibran Rakabuming Hingga Solo Jadi Kota Perintis 5G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 03 Jun 2021 15:10 WIB
Uji Coba 5g Telkomsel Solo
Lobi Gibran Rakabuming Hingga Solo Jadi Kota Perintis 5G (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Meski bukan ibu kota provinsi, Solo muncul jadi wilayah yang beruntung mendapatkan layanan 5G pertama di Indonesia. Rupanya ada lobi Gibran Rakabuming hingga jaringan generasi kelima itu hadir di Solo.

Hal itu diceritakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate saat peresmian kehadiran 5G di Solo. Dalam peresmian tersebut, hadir Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

"Pada kunjungan sebelumnya, beberapa bulan lalu, bapak wali kota (Gibran Rakabuming) menyampaikan harapannya agar infrastruktur telekomunikasi di Surakarta dan sekitarnya bisa dihadirkan internet cepat, secara spesifik 5G," ujar Johnny, Kamis (3/6/2021).

"Puji Tuhan, syukur Alhamdulillah direspon Telkomsel (operator seluler pertama yang menggelar layanan 5G di Indonesia)," sambungnya.

Dengan tersedianya internet 5G di Solo bersanding dengan kota-kota besar lainnya, seperti Medan, Batam, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Balikpapan.

Selain di kota-kota tersebut, layanan 5G juga muncul di sejumlah titik di Jabodetabek, mulai dari Widya Chandra, Kelapa Gading, BSD, Alam Sutera, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Telkomsel Smart Office, dan Bandara Soekarno-Hatta.

"(Kehadiran layanan 5G) memungkinkan Surakarta sebagai kota perintis 5G di Indonesia bersama kota-kota lainnya," tuturnya.

Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menghadirkan layanan 5G secara komersial. Seperti halnya layanan broadband 3G dan 4G, layanan 5G untuk saat ini dapat dinikmati menggunakan paket kuota data yang dimiliki pelanggan.

Di saat bersamaan, Telkomsel pun menghadirkan paket internet 5G, di antaranya layanan internet rumah Orbit Ultra 5G dan paket internet kuota 126 GB yang semula harganya Rp 260 ribu, harga promonya Rp 26 ribu.

Ke depannya, Telkomsel menjanjikan akan menghadirkan paket data, khususnya layanan 5G, yang akan dikembangkan secara berkelanjutan sesuai dengan gaya hidup dan aktivitas digital pelanggan.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)