Susul Telkomsel, Indosat Segera Gelar 5G di Indonesia

Susul Telkomsel, Indosat Segera Gelar 5G di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 03 Jun 2021 12:48 WIB
Operator seluler Indosat Ooredoo
Susul Telkomsel, Indosat Segera Gelar 5G di Indonesia (Foto: Indosat Ooredoo)
Jakarta -

Indosat Ooredoo tampaknya akan segera menggelar layanan 5G di Indonesia. Wah, mulai menyusul Telkomsel, nih.

Tanda-tanda tersebut terlihat telah diajukannya Uji Laik Operasi (ULO) 5G Indosat Ooredoo ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Saat ini, operator seluler yang identik warna kuning merah ini menunggu proses pengujian jaringan 5G.

"Kalau pengajuannya sudah disampaikan sejak Mei 2021, untuk pelaksanaan ULO-nya akan saya konfirmasi kembali," ujar Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang kepada detikINET, Kamis (3/6/2021).

Sebagai informasi, tahapan ULO merupakan hal yang penting sebelum digelarnya teknologi baru, termasuk 5G. Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler melakukan ULO terlebih dahulu sebelum menghadirkan teknologi terbaru ke publik secara komersial.

Setelah mengajukan ULO dan menguji 5G tersebut, Indosat Ooredoo berpotensi jadi operator seluler selanjutnya yang meresmikan layanan 5G secara komersial di Indonesia usai mengantongi Surat Kerterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kominfo.

Saat ditanya, apakah penggelaran layanan 5G itu dilakukan bulan Juni ini?

"Kami terus berkoordinasi dengan Kominfo, sambil mempersiapkan ekosistem jaringan untuk mendukung 5G. Kerapatan site (build new sites), fiberisasi, termasuk juga Segment Routing IPv6 dan Model Operasi Digital dengan AI, serta Automation," tuturnya.

"Terkait waktu penerbitan SKLO kami serahkan ke Kominfo, Indosat berkomitmen untuk mengikuti seluruh proses sesuai ketentuan yang berlaku," pungkas Steve.



Simak Video "4 Lokasi Awal yang Bisa Nikmati Layanan 5G Indosat"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)