Uji Coba Jaringan 5G Telkomsel di Solo, Tembus 796 Mbps

Uji Coba Jaringan 5G Telkomsel di Solo, Tembus 796 Mbps

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 03 Jun 2021 14:30 WIB
Uji Coba 5g Telkomsel Solo
Uji coba 5G Telkomsel di Solo. Foto: Aisyah Kamaliah
Solo -

Uji coba di Balai Kota Solo untuk jaringan 5G Telkomsel tertinggi mencapai angka 796 Mbps pada pagi hari ini. Jaringan masih belum sampai di titik optimal sehingga angka ini masih memungkinkan berubah ketika terdapat peningkatan kualitas jaringan. Adapun speed test dilakukan dengan perangkat Oppo Reno5 5G.

Disebutkan oleh Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel, bahwa kecepatan jaringan 5G sebenarnya bisa jauh lebih cepat dari 796 Mbps.

"Kita akan lihat potensi ke depan ketika dibangun 5G, ini bisa sesuai untuk pelanggan maupun industri. Hasil dari 5G yang dibangun di Solo terbukti cepat dan tinggi, 814 Mbps untuk download dan 30 Mbps untuk upload," kata Hendri di acara 'Hyper 5G Unlock The Future' Telkomsel dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kamis (3/6/2021).

Dibandingkan dengan uji coba jaringan 5G Telkomsel di Bandara Soetta oleh detikINET, ini jauh lebih cepat dari hasil di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) di GraPARI terminal 3 dengan kecepatan menyentuh 672 Mbps.

Di Solo, ada dua lokasi pengembangan jaringan 5G di tahap awal. Tempat tersebut ialah cluster Balai Kota (Balai Kota, Hotel Royal Heritage, kafe Anak Panah) dan GraPARI Surakarta. Namun, Telkomsel berkomitmen akan semakin memperluas jangkauannya.

Menkominfo Johnny G Plate juga angkat suara. Ia mengatakan bahwa perkembangan 5G di Solo sudah sesuai dengan keinginan pemerintah Solo untuk mendapatkan akses internet cepat.

"Saya ingin menyampaikan di kunjungan saya beberapa bulan lalu, Bapak Walikota Solo menyampaikan harapan agar infrastruktur kota dan metropolitan tetangga Surakarta bisa dihadirkan internet cepat secara spesifik 5G, dan Puji Tuhan direspon cepat oleh Telkomsel yang memungkinkan Surakarta sebagai kota perintis 5G Indonesia bersama delapan kota lainnya di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Telkomsel telah meresmikan komersialisasi jaringan 5G per tanggal 27 Mei 2021 kepada sembilan kota antara lain Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Balikpapan. Akan tetapi baru segelintir pengguna Telkomsel yang unlock ke 5G.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)