27 Mei Hari Kelahiran 5G di Indonesia

27 Mei Hari Kelahiran 5G di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 27 Mei 2021 06:10 WIB
Ilustrasi 5G
27 Mei Hari Kelahiran 5G di Indonesia. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Masyarakat Indonesia bersiaplah menyambut era internet super ngebut, yang mana layanan 5G direncanakan diluncurkan pada hari ini, Kamis (27/5/2021). Adalah Telkomsel, operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G tersebut di Indonesia.

Berdasarkan undangan yang diterima detikINET, peluncuran 5G akan dilakukan pada siang ini. Lokasi The Telkom Hub, Jakarta, yang dipilih sebagai tempat kelahiran 5G.

Keunggulan 5G

Dibandingkan dengan jaringan 4G, 5G menawarkan layanan internet yang jauh lebih cepat. Sebagai gambaran, 5G menjanjikan koneksi internet di atas 1 Gbps sekitar 10 kali lipat atau lebih yang diberikan 4G.

Selain itu, latensi di 5G terbilang sangat rendah dan juga mampu mengakomodasi lebih banyak perangkat secara bersamaan. Kelebihan itu yang membuat layanan 5G dapat menunjang pemenuhan layanan industri 4.0.

Manfaat lainnya kamu bisa baca di artikel 7 Manfaat 5G untuk Hidup Kamu

ULO 5G

Sebelum akhirnya diluncurkan, sejak beberapa tahun belakangan berbagai operator seluler telah melakukan uji coba jaringan generasi kelima itu. Dan, Telkomsel merupakan operator seluler pertama yang mengajukan permohonan Uji Laik Operasi (ULO) 5G pada 19-21 Mei.

Tahapan ULO dilalui Telkomsel dengan kesuksesan sehingga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G kepada anak perusahaan Telkom ini.

"Tahapan ULO dan kepemilikan SKLO adalah wajib bagi setiap penyelenggara telekomunikasi yang hendak melakukan perluasan jaringan akibat perubahan teknologi yang terjadi, teknologi 5G termasuk ke dalam perubahan teknologi baru," ujar Menkominfo Johnny G Plate.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G kepada Telkomsel. Ini menandakan Telkomsel jadi operator seluler pertama yang lulus dan menggelar layanan 5G di Indonesia secara komersial.Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G kepada Telkomsel. Ini menandakan Telkomsel jadi operator seluler pertama yang lulus dan menggelar layanan 5G di Indonesia secara komersial. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Layanan 5G Terbatas

Dengan berbekal restu pemerintah berupa SKLO 5G, Telkomsel dengan percaya diri menjadi terdepan untuk menghadirkan layanan 5G perdana bagi masyarakat Indonesia.

Berbeda dengan layanan 4G, di era 5G akan dilakukan secara bertahapan dan terbatas. Untuk tahap awal, 5G Telkomsel akan lebih dulu hadir di enam lokasi pemukiman yang ada di Jabodetabek, yaitu Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera.

"Bagi Telkomsel dari sisi bisnis, aspek utama pasar, use case harus ada dulu. Use case ini adalah apa yang kita bisa hadirkan ke masyarakat, tujuannya jelas agar masyarakat lebih produktif, lebih mudah," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto.

Selain itu, ada sembilan lokasi di delapan kota yang juga akan menikmati layanan 5G, di antaranya Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Khusus untuk sembilan lokasi, selain Bandung, belum diketahui secara pasti, apakah layanan 5G Telkomsel itu juga menyasar wilayah residensial atau area industri.

>>>>> Halaman berikutnya soal harga paket internet 5G hingga apakah mengaktifkan 5G mesti ganti SIM Card