Datang Era 5G, Menkominfo Ungkap Nasib 4G

Datang Era 5G, Menkominfo Ungkap Nasib 4G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 25 Mei 2021 20:42 WIB
Jaringan 4G di Miangas
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Indonesia segera memasuki era 5G, usai Telkomsel mengantongi restu berupa Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan penggelaran layanan 5G ini menandai bahwa saat ini Indonesia memasuki tahapan stimultaneous operations 4G dan 5G.

"Artinya, kehadiran layanan 5G tidak lantas menggusur layanan 4G, karena di tahapan pengembangan awal ini, jaringan 4G juga dibutuhkan sebagai basis operisional 5G," ungkap Johnny.

Kominfo seperti dijanjikan Johnny, masih akan terus membangun infrastruktur telekomunikasi 4G agar wilayah yang belum tersentuh internet, masyarakat di sana bisa merasakan pengalaman berselancar di dunia maya.

"Karenanya, pemerintah akan tetap fokus untuk meneruskan pemerataan layanan jaringan 4G. Secara simultan, jaringan 5G akan dikembangkan di wilayah komersial dan juga wilayah prioritas lainnya, untuk saling melengkapi dengan jaringan 4G yang sudah tersedia," tutur dia.

Berdasarkan data terakhir, dari 83.218 desa/kelurahan yang ada di Indonesia, masih terdapat 12.548 desa/kelurahan yang belum mendapatkan akses sinyal 4G.

Adapun, 12.548 desa/kelurahan itu ada 9.113 desa/kelurahan yang terletak di wilayah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T) itu dikerjakan Bakti Kominfo, sedangkan sisanya 3.435 desa/kelurahan daerah non-3T dilakukan operator seluler.

Khusus untuk wilayah 3T, Kominfo melalui Bakti telah bekerjasama dengan mitra swasta dalam pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G. Sebagai informasi pembangunan infrastruktur telekomunikasi di wilayah 3T itu akan terpecah jadi lima paket.



Simak Video "Telkomsel Jadi Penyelenggara 5G Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)