Mengenal Infrastruktur Private Cloud NTT yang Dipakai XL Axiata

Mengenal Infrastruktur Private Cloud NTT yang Dipakai XL Axiata

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 17:00 WIB
HANOVER, GERMANY - MARCH 05:  A visitor tries out a tablet computer next to a cloud computing and technology symbol at the Deutsche Telekom stand at the 2013 CeBIT technology trade fair on March 5, 2013 in Hanover, Germany. CeBIT will be open March 5-9.  (Photo by Sean Gallup/Getty Images)
Ilustrasi cloud. Foto: Sean Gallup/Getty Images
Jakarta -

NTT mengimplementasikan infrastruktur TI berbasis private cloud untuk XL Axiata. Apa sih private cloud itu, dan fungsinya buat apa ya?

Menurut NTT, implementasi private cloud ini bisa mempersingkat pemrosesan permintaan layanan individu dan memperkuat kapasitas jaringan XL saat terjadi lonjakan kebutuhan data, yang berujung pada kontribusi terhadap pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Proyek yang sudah berlangsung selama setahun ini dilakukan untuk mengkonsolidasikan lingkungan TI yang sebelumnya dipakai XL menjadi infrastruktur TI berbasis private cloud. Juga mempercepat migrasi cloud dan meningkatkan efisiensi alur kerja.

"Sebagian besar klien - klien kami memiliki tujuan mempercepat migrasi cloud untuk transformasi digital, tetapi banyak diantaranya terkendala dengan kompleksitas konsolidasi infrastruktur lama mereka dan desakan persaingan pasar yang ketat dalam lanskap telekomunikasi saat ini.," ujar Hendra Lesmana, CEO NTT Indonesia Solutions dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Hubungan NTT yang kuat dengan banyak penyedia teknologi, kami senang telah dipercaya XL Axiata dalam menyatukan infrastruktur TI berbasis cloud sehingga mereka siap menghadapi tantangan masa depan dan setelahnya," tambahnya.

Dengan mengintegrasikan solusi dari VMware, Cisco, F5, Check Point, Dell, Veeam, dan McAfee ke dalam satu solusi infrastruktur TI terpadu berbasis cloud, NTT mengkonsolidasikan komponen dari ujung ke ujung, seperti server, penyimpanan data, jaringan dan keamanan.

Dengan melakukan hal inilah maka XL Axiata dapat mempercepat kelincahan layanannya, serta menyederhanakan konfigurasi jaringan dan keamanan untuk mempertahankan dominasi pasar dan kepemimpinan jaringan yang kuat.

"XL Axiata berkomitmen untuk memberikan pengalaman layanan terbaik kepada para pelanggan kami. Fokus kami adalah mengupayakan implementasi jaringan layanan 5G di Indonesia yang membutuhkan kesiapan ekosistem TI secara keseluruhan," ujar I Gede Darmayusa, Director & Chief Technology Officer XL Axiata.

Sebagai mitra, kami yakin akan pemahaman NTT yang mendalam tentang operasional bisnis kami dan kemampuan mereka untuk meningkatkan dan memperluas sistem jaringan kami untuk memenuhi tuntutan baru di sektor telekomunikasi Indonesia," tutupnya.



Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)