Mau Aktifkan Layanan 5G, Mesti Ganti Kartu Seperti 4G?

Mau Aktifkan Layanan 5G, Mesti Ganti Kartu Seperti 4G?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 25 Mei 2021 19:13 WIB
Ilustrasi 5G
Mau Aktifkan Layanan 5G, Mesti Ganti Kartu Seperti 4G?. Foto: shutterstock
Jakarta -

Dalam hitungan hari lagi, Indonesia akan kedatangan layanan 5G. Nah, pertanyaan sederhana kemudian muncul, apakah untuk menikmati layanan 5G, pelanggan harus ganti SIM card atau kartu SIM dulu?

Sebelumnya, ketika 4G hadir menggantikan 3G pada akhir 2014 lalu, pelanggan mesti menggantikan terlebih dahulu kartu SIM menjadi uSIM alias kartu SIM 4G agar dapat layanan yang ditawarkan jaringan generasi seluler keempat tersebut.

Terkait persoalan tersebut, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro memberikan jawabannya.

"Untuk saat ini, 5G tidak perlu mengganti (kartu SIM-red), asal sudah 4G ya. Kalau sudah 4G itu tidak perlu mengganti," ujar Telkomsel di Jakarta.

Berbicara harga paket internet layanan 5G, Setyanto tidak bisa mengungkapkan secara detail. Ia mengatakan, hal itu bisa dipaparkan pada saat peresmian peluncuran layanan 5G pada 27 Mei mendatang.

"Kami akan berikan layanan yang terbaik, tentu saja kita harapkan secara kualitas, kecepatan, latensi, kapasitas jauh lebih baik dari 4G dengan harga yang affordable (terjangkau-red). Kuncinya adalah afordibilitas," kata Setyanto.

Untuk tahap awal, Telkomsel akan memanfaatkan frekuensi 2,3 GHz dalam menghadirkan layanan 5G secara komersial kepada pelanggan.

Lokasi pertama yang mendapatkan 5G Telkomsel berada di wilayah residensial di wilayah Jabodetabek, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera.

"Enam area itu memang sasarannya residensial. Jadi, coverage-nya misal di seluruh Kelapa Gading misalnya, coverage memang segitu," ungkap Setyanto menambahkan.

Selain itu, ada sembilan lokasi di delapan kota yang juga akan menikmati layanan 5G, di antaranya Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Khusus untuk sembilan lokasi, selain Bandung, belum diketahui secara pasti, apakah layanan 5G Telkomsel itu juga menyasar wilayah residensial atau area industri.



Simak Video "Jaringan 5G di Denpasar Capai 613 Mbps"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)