Catat! 27 Mei Akan Jadi Hari Kelahiran 5G di Indonesia

Catat! 27 Mei Akan Jadi Hari Kelahiran 5G di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 24 Mei 2021 17:51 WIB
Jakarta -

Setelah mendapatkan restu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Telkomsel akan menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia pada Kamis tanggal 27 Mei 2021. Bisa dibilang, inilah hari lahir 5G di Indonesia.

Telkomsel adalah operator seluler pertama yang telah melakukan Uji Layak Operasi (ULO) 5G dan dinyatakan lulus. Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Kominfo ke Telkomsel pun telah diserahkan hari ini, Senin (24/5/2021).

"Telkomsel adalah operator seluler pertama yang menggelar 5G di Indonesia," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate di Jakarta.

"Layanan 5G dari Telkomsel ini akan diluncurkan secara serentak pada tanggal 27 Mei 2021 dan selanjutnya akan dinikmati secara terbatas dan bertahap," sambung Johnny.

Lokasi pertama yang mendapatkan 5G Telkomsel berlangsung wilayah residensial di wilayah Jabodetabek, serta kota-kota lain seperti, Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar, dan Bandung.

Di saat yang bersamaan, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, layanan 5G yang akan dihadirkan Telkomsel dalam waktu dekat ini merupakan sebuah pencapaian.

"(SKLO) ini menandai diperbolehkannya secara undang-undang bahwa Telkomsel menggelar layanan 5G komersial kepada seluruh masyarakat. Ini bagian dari komitmen Telkomsel untuk menjadi terdepan dalam penyelenggaraan layanan telekomunikasi dan digital di Indonesia," tuturnya.

(agt/fay)