Indosat Jajal OpenRAN, Tingkatkan Kualitas Jaringan 4G Berkualitas Video

Indosat Jajal OpenRAN, Tingkatkan Kualitas Jaringan 4G Berkualitas Video

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 19 Apr 2021 20:36 WIB
Indosat Ooredoo
Foto: Indosat Ooredoo
Jakarta -

Untuk meningkatkan dan memperluas jaringan 4G berkualitas video (video-grade network), Indosat Ooredoo melakukan uji coba lapangan teknologi OpenRAN (Radio Access Network).

Uji coba dilakukan di wilayah Maluku sejak Maret sampai akhir April ini. Indosat Ooredoo menjajal OpenRAN yang mencakup pembuktian konsep dan pengujian fungsional.

Adapun selama pengujian OpenRAN, operator seluler yang identik warna kuning merah ini menggaet Grup Proyek OpenRAN Telecom Infra Project (TIP) dan Parallel Wireless.

"Kami telah fokus pada satu hal sebagai prioritas utama dan itu memberikan pengalaman pelanggan sebaik mungkin untuk mengirimkan video dan itulah menjadi fokus kami dalam beberapa tahun terakhir," ujar SPV Head of Technology Strategy and Partnership Indosat Ooredoo Kees van Peer secara virtual, Senin (19/4/2021)

Indosat Ooredoo seperti disampaikan Kees van Peer menyakini bahwa pengalaman menggunakan layanan video di era digital seperti sekarang akan memberikan pelanggan kepuasan. Mereka mengadopsi teknologi mutakhir dan tentunya relevan dengan kebutuhan pelanggan jadi cara Indosat Ooredoo.

"Jadi, kami mencari dan memantau dengan cermat semua teknologi yang ada di luar sana dan yang menurut kami relevan untuk Indonesia kepada pelanggan kami," ucapnya.

Sebagai informasi, OpenRAN adalah teknologi yang mendukung antarmuka RAN untuk dapat dioperasikan secara terbuka, sehingga memungkinkan konektivitas antarperangkat keras dan lunak dari vendor telekomunikasi yang berbeda.

Kemampuan disaggregation dalam OpenRAN diharapkan bisa semakin menekan biaya penyediaan jaringan, nantinya hadir sebagai solusi bagi operator seluler dan pemerintah guna mempercepat perluasan jaringan 4G ke wilayah pelosok, termasuk 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Uji coba lapangan OpenRAN ini akan dilakukan Indosat Ooredoo selama satu bulan penuh untuk melihat kinerja dan keandalan dari perangkat OpenRAN yang dihubungkan dengan peralatan RAN konvensional lainnya.

Sejauh ini data statistik yang diperoleh menunjukkan bahwa OpenRAN berhasil memenuhi kriteria indikator kinerja utama (KPI) sesuai standar 3GPP Release 15 yang berlaku global dan siap mengadopsi teknologi masa depan. Pengalaman pengguna dalam melakukan aktifitas internet menggunakan koneksi data juga sangat baik. Streaming video dari YouTube dan aktifitas panggilan video berjalan lancar tanpa buffering.

Aktifitas mengunduh dan mengunggah bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini dimungkinkan oleh kemampuan perangkat OpenRAN untuk menghasilkan kecepatan unduh hingga 22 Mbps di jaringan 4G LTE 900 MHz dengan lebar sprektrum frekuensi 5 MHz, setara dengan kinerja perangkat RAN konvensional lainnya.



Simak Video "Target Pemerintah di 2023: 4G Merata di Wilayah 3T RI "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)