Daftar Daerah Terganggu Sinyal di NTT Usai Siklon Tropis Seroja

Daftar Daerah Terganggu Sinyal di NTT Usai Siklon Tropis Seroja

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 07 Apr 2021 16:30 WIB
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah memulihkan 359 gardu listrik yang terdampak badai siklon tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT).
Suasana akibat Siklon Tropis Seroja di NTT (Foto: Dok. PLN)
Jakarta -

Telkomsel sedang memulihkan layanan seluler di NTT usai Siklon Tropis Seroja. Inilah daftar daerah yang terdampak.

Menurut Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa Bali, Erwin Kusumawan, pihaknya sedang memulihkan BTS yang terputus daya listriknya. Daerah yang terdampak itu adalah:

  1. Belu
  2. Kota Kupang
  3. Kupang
  4. Malaka
  5. Rote Ndao
  6. Sabu Raijua
  7. Timor Tengah Selatan
  8. Timor Tengah Utara
  9. Flores Timur
  10. Lembata
  11. Nagakeo
  12. Ngada
  13. Sumba Timur

"Mengalami penurunan kualitas layanan yang merupakan imbas dari terputusnya catuan daya listrik yang mendukung operational BTS Telkomsel di wilayah tersebut," kata Erwin dalam keterangannya kepada detikINET, Rabu (7/4/2021).

Menurut dia, upaya pemulihan dilakukan dengan cara pengiriman Mobile Backup Power (MBP) atau genset ke lokasi BTS yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik. Selain itu ada juga daerah yang mengalami penurunan layanan usai badai Siklon Tropis Seroja yaitu:

  1. Alor
  2. Ende
  3. Sikka
  4. Manggarai
  5. Manggarai Barat
  6. Manggarai Timur
  7. Sumba Barat
  8. Sumba Barat Daya
  9. Sumba Tengah

Telkomsel pun mengerahkan tim unit siaga bencana Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (TERRA). Mereka berkoordinasi dengan BNPB.

"Untuk membantu percepatan mitigasi dan pemulihan infrastruktur jaringan yang terdampak, " ujarnya.

Sebelumnya, Siklon Tropis Seroja yang sangat ekstrem menyebabkan bencana di berbagai wilayah di NTT dari Lembata sampai Kupang. Korban tewas mencapai 119 jiwa, bangunan dan infrastruktur rusak termasuk telekomunikasi.

Siklon Tropis Seroja mengakibatkan banjir bandang, tanah longsor, gelombang pasang, angin ribut dan hujan lebat. Tim tanggap bencana masih melakukan proses evakuasi. Sementara itu, Siklon tropis Seroja semakin menjauh dari Indonesia.

Posisi Siklon Tropis Seroja kini berada pada 335 km sebelah selatan-barat daya Waingapu, Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Koordinat posisi seroja ada pada 12,3 derajat Lintang Selatan dan 118,8 derajat Bujur Timur. Seroja bergerak dengan kecepatan 10 km/jam ke arah Barat Daya menuju Australia.



Simak Video "Amukan Siklon Tropis Seroja di Pulau Lembata"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/asj)