5 Rekomendasi Aplikasi Pantau Cuaca untuk Kamu Download

5 Rekomendasi Aplikasi Pantau Cuaca untuk Kamu Download

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 07 Apr 2021 14:05 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Aplikasi untuk meramal cuaca mulai dari kecepatan angin hingga hujan. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Di hari-hari belakangan ini berangin kencang dan hujan tidak terduga. Bahkan ada bencana Siklon Tropis Seroja di NTT. Saatnya install aplikasi untuk memantau cuaca.

Aplikasi di bawah ini bisa menghindari kita terjebak dari cuaca yang ekstrem ketika beraktivitas keluar rumah dengan membaca prakiraan yang ada. Dirangkum detikINET, Rabu (7/4/2021) ini dia 5 rekomendasi aplikasi dengan rating tinggi di Google Play Store:

1. Weather

Dengan size yang tidak besar, hanya 9.06 MB di Google Play Store, aplikasi Weather cukup dapat diandalkan dalam memprediksi cuaca. Pengguna bisa melihat prakiraan cuaca hari ini, besok, tiga hari mendatang, hingga 7 hari ke depan. Pengguna bisa memantau prakiraan per jam-nya, dan bisa digunakan untuk mengamati banyak lokasi di dunia.

2. AccuWeather

Di layar utama, pengguna akan langsung menemukan informasi kondisi cuaca terkini, prakiraan cuaca mendatang, dan peta radar yang bisa disesuaikan menurut lokasi. Pengguna dapat mengatur notifikasi peringatan apabila terjadi cuaca buruk.

3. Info BMKG

Aplikasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini dapat dimanfaatkan untuk memantau informasi cuaca dan iklim, kualitas udara, sampai gempa bumi.

Ada juga siaran pers dari BMKG yang dapat dibaca pengguna agar dapat update dengan informasi resmi dari pemerintah.

4. Windy

Aplikasi yang sempat direkomendasikan Susi Pudjiastuti ini menyajikan satelit dengan resolusi tinggi dan radar. Ada prakiraan global untuk cuaca dengan segala model. Di sini bukan cuma angin, tapi ada juga ramalan untuk ombak dan juga badai. Tidak ada iklan dalam aplikasi ini meski gratis.

5. Weather UK & World Weather Forecast

Prakiraan ini bisa dipakai untuk kecepatan angin, prediksi waktu sunrise dan sunset, dan cuaca. Dari kelembapan sampai kecepatan angin, semua bisa dipantau secara per jam atau per hari.



Simak Video "Prakiraan Cuaca 24 Februari: Jakarta-Jatim Diguyur Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)