Apa Itu Windy, Aplikasi Cuaca Pilihan Susi Pudjiastuti

Apa Itu Windy, Aplikasi Cuaca Pilihan Susi Pudjiastuti

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 06 Apr 2021 12:42 WIB
Bencana yang menimpa saudara-saudara di NTT (Nusa Tenggara Timur) juga dikawal oleh Susi Pudjiastuti. Ia mengaku memantaunya menggunakan aplikasi ini.

Banjir akibat badai yang menerpa Kota Kupang dan beberapa daerah di NTT ini terjadi sejak Sabtu (3/4/2021). Tagar #prayforNTT pun menjadi trending topic di Twitter.
Aplikasi Windy yang direkomendasikan Susi Pudjiastuti. Foto: Twitter/@susipudjiastuti
Jakarta -

Dalam memantau bencana yang terjadi di NTT, Susi Pudjiastuti menggunakan aplikasi Windy. Hal ini diketahui setelah ia menuliskan cuitan di akun Twitter miliknya.

Sebenarnya, aplikasi ini digunakan oleh banyak nelayan. Mengingat fitur di dalamnya juga sangat membantu untuk pekerjaan mereka yang selalu ada di atas laut.

Windy atau dikenal dengan Windyty adalah aplikasi ramalan cuaca dengan visualisasi. Aplikasi ini diklaim bisa dipercaya bagi mereka pekerja profesional mulai pilot, paraglider, skydiver, peselancar, nelayan bahkan pemerintah dan regu penyelamat.

Windy menghadirkan banyak model prakiraan cuaca terkemuka di dunia, antara lain ECMWF dan GFS global, ditambah NEMS lokal, AROME dan ICON (untuk Eropa) dan NAM (untuk AS).

Aplikasi ini juga bisa memantau angin, hujan, suhu dan tekanan hingga gelombang besar atau indeks CAPE. Selain itu disajikan pula pengamatan angin dan suhu, prakiraan cuaca, bandara di seluruh Dunia, 1500+ tempat paralayang, atau webcam terdekat langsung di peta.

Di Google Play Store, Windy menempati posisi pertama untuk Top Free in Weather. Selain versi aplikasi, Windy juga bisa diakses melalui situs web miliknya windy.com. Saat dicoba detikINET, Selasa (6/4/2021) website Windy dapat terbuka dengan mudah. Membaca hasil prakiraan di Windy pun terbilang mudah.

"Aplikasi ini sangat sangat membantu baik untuk nelayan maupun pemancing profesional, tapi untuk pelayanan tolong akurasi aplikasinya ditingkatkan lagi terimakasih," tulis seseorang di ulasan aplikasi.

"Saya sangat senang memakai aplikasi ini sangat membantu buat saya seorang nelayan apa lagi saya kerja di rompong sangat membantu sekali terimakasih dan sukses selalu," ujar yang lain. Windy mendapatkan rating 4,7 dari 257.588 ulasan yang ada di Google Play Store.



Simak Video "Menjajal Olahraga Favorit Eks Menteri Susi di Pantai Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)