Telkomsel Pulihkan Jaringan di NTT Dampak Siklon Tropis Seroja

Telkomsel Pulihkan Jaringan di NTT Dampak Siklon Tropis Seroja

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 07 Apr 2021 11:19 WIB
Petugas menggunakan excavator untuk mencari korban banjir bandang di Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/4/2021).  Banjir bandang yang menerjang Adonara pada Minggu (4/4) kemarin telah menyebabkan puluhan orang meninggal dunia dan ratusan warga lainnya terpaksa mengungsi. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Kerusakan akibat Siklon Tropis Seroja (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Banjir bandang dan bencana alam akibat Siklon Seroja di NTT ikut merusak layanan telekomunikasi. Telkomsel pun berupaya memulihkan BTS yang terdampak.

"Dampak menurunnya layanan komunikasi terjadi hampir di seluruh kabupaten (di NTT-red)," kata Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa Bali, Erwin Kusumawan, kepada detikINET, Rabu (7/4/2021).

Penurunan kualitas layanan ini merupakan imbas terputusnya catuan daya listrik yang mendukung operational BTS Telkomsel di wilayah tersebut. Telkomsel pun mengambil sejumlah tindakan.

"Telkomsel saat ini telah mengambil langkah cepat untuk pemulihan layanan yang salah satunya dengan memobilisasi Mobile Backup Power (MBP) atau genset ke lokasi BTS yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik," kata Erwin.

Untuk saat ini, masyarakat di 22 kabupaten yang terdampak bencana di NTT tetap dapat menikmati jaringan Telkomsel. Layanan daya, voice dan SMS sudah bisa dilakukan, namun terdapat penurunan kualitas layanan.

"Kami akan terus mempercepat upaya pemulihan layanan agar masyarakat dan pihak berwenang di lokasi terdampak bencana bisa tetap lancar berkomunikasi, dan menginfokan perkembangannya," pungkasnya.

Sebelumnya, Siklon Tropis Seroja yang sangat ekstrem menyebabkan bencana di berbagai wilayah di NTT dari Lembata sampai Kupang. Korban tewas mencapai 119 jiwa, bangunan dan infrastruktur rusak termasuk telekomunikasi.

Siklon Tropis Seroja mengakibatkan banjir bandang, tanah longsor, gelombang pasang, angin ribut dan hujan lebat. Tim tanggap bencana masih melakukan proses evakuasi.

Sementara itu, Siklon Tropis Seroja semakin menjauh dari Indonesia. Dalam seharian, angin ribut yang menimbulkan bencana di NTT itu bergerak ratusan kilometer.

Posisi Seroja kini berada pada 335 km sebelah selatan-barat daya Waingapu, Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Koordinat posisi seroja ada pada 12,3 derajat Lintang Selatan dan 118,8 derajat Bujur Timur. Seroja bergerak dengan kecepatan 10 km/jam ke arah Barat Daya menuju Australia.



Simak Video "Amukan Siklon Tropis Seroja di Pulau Lembata"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/asj)