Frekuensi Emas Bisa Dipakai Gelar 5G di Indonesia

Frekuensi Emas Bisa Dipakai Gelar 5G di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 07 Apr 2021 15:04 WIB
5G
Foto: istimewa
Jakarta -

Pita frekuensi 700 MHz yang dikenal sebagai golden frequency atau frekuensi emas, bisa dimanfaatkan untuk menggelar layanan 5G di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

"Dari beberapa operator seluler, ada beberapa di antaranya sudah mempunyai frekuensi yang relevan sesuai kebutuhan 5G. Mereka berpotensi untuk nanti mengembangkan 5G, tidak semua operator, tapi hanya operator yang memenangkan atau mendapatkan lisensi di frekuensi tertentu," tuturnya.

Sebagai informasi, golden frequency atau frekuensi emas yang disematkan pada frekuensi 700 MHz, lantaran spektrum tersebut memiliki jangkauan yang lebih luas ketimbang 900 MHz, 1,8 GHz, 2,1 GHz, atau 2,3 GHz yang digunakan operator seluler sekarang.

Disampaikan Menkominfo, frekuensi 700 MHz akan dialokasikan kepada operator seluler, yang mana spektrum tersebut masih dipakai untuk penyiaran.

Saat ini, pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mendorong migrasi TV analog ke digital. Diharapkan proses migrasi tersebut selesai pada November 2022.

Dengan perpindahan dari TV analog ke TV digital, maka akan terdapat digital deviden dari lebar pita 112 MHz di frekuensi 700 MHz yang sebelumnya digunakan sepenuhnya oleh televisi analog.

Setelah itu, Kominfo berencana melakukan lelang frekuensi 700 MHz kepada operator seluler.

"Termasuk mengenai digital dividen dari frekuensi 700 MHz nanti melakukan lelang untuk keperluan telekomunikasi kepada operator seluler. Bagaimana itu digunakan? Operator seluler nanti yang mempertimbangkan untuk keperluan 4G terlebih dahulu, tetapi ia punya peluang dikembangkan 5G karena itu frekuensi emas di low band level," jelas Johnny.



Simak Video "Jaringan 5G di Denpasar Capai 613 Mbps"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)