Terungkap! Rencana Kominfo Gelar 5G di 13 Wilayah Indonesia

Terungkap! Rencana Kominfo Gelar 5G di 13 Wilayah Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 05 Apr 2021 16:00 WIB
Jaringan 5G
Ilustrasi 5G. Foto: Reuters
Jakarta -

Dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo 2020-2024, terungkap rencana pemerintah menggelar 4G, termasuk jaringan 5G di 13 wilayah.

"Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020-2024 yang selanjutnya disebut Renstra Kemkominfo merupakan dokumen perencanaan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk periode 5 (lima) tahun terhitung sejak tahun 2020 sampai dengan tahun 2024," bunyi Pasal 1 dalam Permen tersebut.

Bersamaan dengan upaya peningkatan cakupan layanan 4G ke seluruh desa, Kominfo juga sedang mempersiapkan implementasi teknologi seluler konektivitas next generation (5G) di Indonesia.

Di dalam dokumen Permen Kominfo ini dituliskan bahwa rencana implementasi 5G tersebut tentu harus didukung dengan infrastruktur jaringan broadband yang memadai.

Dalam rangka persiapan implementasi 5G secara nasional, Kominfo akan melakukan berbagai kegiatan sebagai berikut:

1. Menyusun roadmap 5G
2. Menyediakan alokasi frekuensi sesuai pita-pita kebutuhan 5G
3. Menyiapkan regulasi dan kebijakan penyelenggara 5G
4. Pengembangan ekosistem dan perangkat TIK pendukung implementasi 5G dan percepatan pemanfaatan 5G, dan
5. Fasilitas dan pendampingan penggelaran infrastruktur dan jaringan 5G di enam ibu kota di Pulau Jawa, lima Destinasi Wisata Super Prioritas, Ibu Kota Negara (IKN), dan satu Industri Manufaktur pada tahap awal implementasi 5G.

Kominfo mengatakan pemilihan enam ibu kota provinsi di Pulau Jawa sebagai pilot project pada tahap awal implementasi 5G adalah karena enam lokasi tersebut dianggap feasible, baik dari sisi potensi pasar maupun dukungan infrastruktur.

"Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sesudahnya layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi-lokasi lain," kata Kominfo.

Sementara, dalam menyelenggarakan 5G di wilayah Ibu Kota Negara baru akan diperlukan rencana menyeluruh yang termasuk di dalam desain infrastruktur TIK di wilayah tersebut.

"Jika tida ada perubahan kebijakan dari Presiden RI terkait dengan timeline rencana pemindahan IKN, ditargetkan pada 2024, IKN telah 100% ter-cover jaringan serat optik dan layanan mobile seluler 4G, serta siap mengimplementasikan teknologi 5G," ujar Kominfo.

Sejak Permen Kominfo Nomor 2 Tahun 2021 tentang Strategis Kominfo 2020-2024, Kominfo telah melakukan uji coba teknologi 5G, baik itu indoor maupun outdoor, sebanyak 10 kali yang terhitung antara 2017-2019.

Untuk mendukung implementasi 5G, pada sisi riset dan pengembangan telah dilakukan beberapa studi pendahuluan terhadap potensi penerapan teknologi 5G.



Simak Video "Jadi Kapan 5G Hadir di Indonesia, Kominfo?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)