Sinyal XL Axiata Hilang di Jalur MRT, Operator Seluler yang Lain?

Sinyal XL Axiata Hilang di Jalur MRT, Operator Seluler yang Lain?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 14 Mar 2021 12:28 WIB
Di masa PSBB transisi, layanan transportasi MRT Jakarta kembali beroperasi normal. Namun jumlah penumpang hanya dibatasi 65 orang dalam satu kereta dan totalnya 390 penumpang dalam satu rangkaian kereta.
Sinyal XL Axiata Hilang di Jalur MRT, Operator Seluler yang Lain?. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Sinyal XL Axiata untuk saat ini tidak tersedia di jalur Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, khususnya yang melewati bawah tanah. Bagaimana dengan operator seluler lainnya?

Hutchison 3 Indonesia (Tri) memastikan bahwa pelanggan Tri masih bisa menikmati layanan, baik untuk teleponan sampai mengakses internet selama perjalanan di jalur MRT.

"Jaringan Tri di seluruh stasiun dan jalur MRT di dalam dan luar tunnel di Jakarta sudah 4G dan 4,5G Pro, pengguna MRT bisa dengan mudah mengakses internet selama perjalanan dengan nyaman," ujar Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia Danny Buldansyah kepada detikINET.

"Kami juga telah menempatkan sejumlah BTS 4G/4,5 G Pro di stasiun MRT bawah tanah, dan stasiun layang, yang mencakup seluruh area stasiun dan jalur MRT," ucapnya menambahkan.

Nada yang sama juga disampaikan Smartfren. Sinyal dari operator seluler anak perusahaan Sinar Mas ini masih bisa dinikmati pelanggannya ketika menggunakan MRT yang melayani rute Bunderan HI-Lebak Bulus.

"Hingga saat ini sinyal Smartfren masih bisa didapatkan pelanggan saat berada di stasiun MRT Jakarta. Sejalan dengan prinsip kami bahwa di mana pun terdapat pelanggan, kami akan menyediakan layanan yang diperlukan guna mendukung kegiatan digital serta mobilitas mereka," tutur Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys.

Sementara itu saat menghubungi Telkomsel maupun Indosat Ooredoo, sampai berita ini ditayangkan, belum ada pernyataan resmi dari kedua operator seluler tersebut.

Diberitakan sebelumnya, pelanggan XL Axiata tidak bisa digunakan, dikarenakan sinyal XL Axiata saat ini tidak tersedia lagi di jalur MRT Jakarta.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa saat ini perpanjangan kerja sama antara XL Axiata dan pengelola MRT belum menemukan kesepakatan.

"Kami masih terus mendiskusikan dan berharap kebijakan dari pihak operator MRT untuk dapat memberikan fleksibilitas penyesuaian biaya yang dibebankan kepada kami (operator telekomunikasi), mengingat beban biaya sewa yang diberikan kepada kami saat ini sangat tinggi dan belum ada perubahan/penyesuaian yang signifikan hingga saat ini," ungkap Ayu.



Simak Video "Beredar Kabar Indosat dan Tri Bakal Bersatu"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)