Kuota Internet Gratis Kemendikbud 20201, Kualitas Jaringan Dipastikan Oke

Kuota Internet Gratis Kemendikbud 20201, Kualitas Jaringan Dipastikan Oke

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 04 Mar 2021 16:15 WIB
Sejumlah adaptasi dilakukan di masa pandemi COVID-19. Salah satunya melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring guna cegah penyebaran virus Corona.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Bantuan kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2021 akan disalurkan mulai pertengahan bulan Maret ini. Dari sisi, operator seluler menyatakan komitmennya akan kualitas jaringan mendukung proses belajar online tersebut.

Hutchison 3 Indonesia (Tri), Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata satu suara akan terus menjaga kualitas jaringan mereka kepada pelajar hingga guru ketika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat pandemi COVID-19.

"Kami mendukung program bantuan kuota internet untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh. Begitu juga di 2021 yang sudah diumumkan, saat ini koordinasi dan persiapan program ini sedang dan sedang dilakukan dengan tim di Pusdatin Kemendikbud, maupun internal Telkomsel," ujar Dharma Simorangkir, SVP Enterprise Account Management Telkomsel dikutip dari YouTube Kemendikbud, Kamis (4/3/2021).

SVP-Head of Public Sector & Energy Indosat Ooredoo Asrul Ardianto mengatakan berdasarkan pemantauan bantuan kuota internet Kemendikbud 2020, pelanggan menyatakan apresiasinya akan program subsidi kuota data tersebut.

"Di 2021 kami berkomitmen selalu mendukung program pembelajaran jarak jauh ini, menyiapkan produk, kapasitas jaringan, proses kemudahan dalam melakukan register," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Group Head Enterprise Sales XL Axiata Murti Ayu S Setelah turut berpartisipasi pada bantuan kuota internet Kemendikbud 2020, kini XL juga akan melakukan hal serupa pada program tahun ini.

"XL berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada pengguna sesuai ketentuan Kemendikbud, persiapkan jaringan, coverage, bagi pengguna XL," ungkapnya.

Pernyataan yang sama juga dikatakan Deputy CEO Mobility Smartfren Sukaca Purwokardjono, tak hanya memperlancar penyaluran bantuan kuota internet Kemendikbud 2021, namun juga menjaga kualitas jaringannya pun jadi perhatian.

"Dari awal kami mendukung program pemerintah supaya adik-adik, anak-anak kita ini bisa tetap nyala, belajarnya tidak pernah padam. Di periode kedua ini, Smartfren berkomitmen menjalankan sesuai yang diputuskan. Sebagai operator seluler secara jaringan, terutama layanan 4G, kita lakukan terbaik," tuturnya.

"Kami akan menghidupkan hotline channel 132 dan saluran digital lain. Untuk menindaklanjuti semua keberlangsungan dari program pembelajaran jarak jauh 2021. Semoga pandemi ini berakhir, anak-anak yang tadinya belajar online akan bisa selesai dengan baik dengan vaksinasi dari pemerintah sehingga dapat melakukan rutinitas di sekolah masing-masing," pungkas Lisbon Simangunsong, Head of 3Busines dari Hutchison 3 Indonesia.



Simak Video "Beda Program Kuota Belajar di 2020 dan 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)