Switch Mobile Tumbang, Operator Digital Lain Gimana?

Switch Mobile Tumbang, Operator Digital Lain Gimana?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 01 Feb 2021 06:15 WIB
pakai smartphone
Foto: shutterstock
Jakarta -

Di saat operator digital sedang siap-siap melaju, Switch Mobile yang menggunakan jaringan Smartfren harus tumbang. Ironisnya umurnya belum genap satu tahun. Bagaimana kondisi operator digital lainnya?

Telkomsel bisa dibilang jadi pionir memperkenalkan produk operator digital. by.U pertama kali dirilis Telkomsel pada 2019 untuk menyasar kaum generasi muda yang mana kehidupannya tak terlepas dari dunia internet.

Di 2020, tercatat operator seluler saling melepas provider digital masing-masing. XL Axiata dengan Live.On, Smartfren lewat Power Up, dan Indosat Ooredoo dengan MPWR.

Sebagai informasi, operator digital hadir untuk mempermudah pelanggan dalam menikmati layanan telekomunikasi, mulai mengaktivasi SIM card yang nanti dikirim ke alamat pengguna, memilih nomor sendiri, paket internet, hingga customer service.

Ketika dunia operator digital lagi mulai tumbuh di tahun pertama mereka, Switch Mobile menyatakan diri untuk menghentikan layanan. Terkait alasannya, detikINET pernah meminta penjelasan ke perusahaan tersebut, tetapi Switch Mobile sampai saat ini belum menanggapinya.

by.U

Vice President by.U Trio Lumbantoruan mengatakan bahwa layanannya sedang mengalami peningkatan. Pertumbuhan jumlah yang mengunduh aplikasi by.U dari 200 ribu meroket jadi 4,6 juta dalam waktu rentang Februari hingga Desember 2020.

"Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa layanan seluler prabayar serba digital di Indonesia semakin diminati dan dibutuhkan oleh para pelanggan, khususnya segmen anak muda yang selalu terhubung dengan dunia digital," kata Trio.

Melihat hal tersebut, by.U berharap di 2021 membawa mereka tetap menjadi provider serba digital yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dengan secara aktif menghadirkan layanan dan solusi digital mobile yang melebihi ekspektasi pelanggan.

"Kami percaya persaingan terjadi karena adanya kebutuhan pasar yang semakin meningkat, sehingga kami dapat selalu berinovasi dan menciptakan layanan provider serba digital yang lebih baik bagi pelanggan," tuturnya.

Dikatakan Trio, by.U siap menjadi provider serba digital yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, khususnya segmen anak muda yang diharapkan dapat mendorong terbukanya lebih banyak kesempatan bagi mereka untuk terus berkembang melalui pemanfaatan layanan digital yang tepat guna.

>>>>> Halaman berikutnya Live.On milik XL Axiata dan Indosat Ooredoo dengan MPWR