Marak Vandalisme Jaringan, Ini Langkah Antisipasi Biznet

Marak Vandalisme Jaringan, Ini Langkah Antisipasi Biznet

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 21 Jan 2021 19:50 WIB
Petugas dari salah satu provider internet melakukan penambahan jaringan di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Penguatan jaringan dilakukan guna menyambut Asian Games 2018.
Marak Vandalisme Jaringan, Ini Langkah Antisipasi Biznet Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu dua tower Palapa Ring Timur di Papua dibakar dan akibatnya jaringan di Kabupaten Puncak terputus. Biznet sebagai penyedia jaringan internet ternyata pernah mengalami hal serupa dan memiliki langkah untuk mengantisipasi.

Vice President Marketing Biznet Yudie Haryanto mengatakan beberapa tahun yang lalu salah satu infrastruktur jaringan miliknya pernah menjadi korban vandalisme.

"Beberapa tahun yang lalu kami pernah, saya lupa di kota mana, tapi nggak cukup banyak hanya kehilangan dua, tiga tiang waktu itu," kata Yudi dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/1/2021).

"Tapi saat itu terima kasih dengan gerakan yang cepat dan sebagainya itu bisa diselesaikan dengan baik dan layanan bisa kembali dengan normal," sambungnya.

Yudi mengatakan bentuk vandalisme seperti ini tidak hanya mengakibatkan kerugian material bagi perusahaan tapi juga bagi pengguna yang mengandalkan layanan Biznet. Apalagi di tengah pandemi saat ini di mana masyarakat harus bekerja dan belajar dari rumah.

Untuk mengantisipasi bentuk perusakan seperti ini, Biznet selalu berkomunikasi dengan asosiasi seperti Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Tidak hanya itu, Biznet juga terus berinteraksi dengan regulator sampai pemerintah daerah yang menjadi tempatnya beroperasi.

"Kami juga berkomunikasi dengan intens terhadap pemerintah-pemerintah daerah untuk memberitahukan bagaimana infrastruktur yang ada di setiap kota hal baiknya harus dijaga bersama-sama," pungkas Yudi.



Simak Video "Internet Ilaga Papua Lumpuh Ulah Pembakar BTS Palapa Ring"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)