Dua Tower Palapa Ring Timur di Papua Dibakar, Internet Ilaga Putus

Dua Tower Palapa Ring Timur di Papua Dibakar, Internet Ilaga Putus

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 11 Jan 2021 17:06 WIB
Palapa Ring Timur Dibakar
Dua Tower Palapa Ring Timur di Papua Dibakar OTK, Internet di Ilaga Putus. Foto: Bakti Kominfo
Jakarta -

Infrastruktur Palapa Ring Timur yang terletak di Provinsi Papua dibakar pada Sabtu (9/1/2021). Dua tower microwave dilaporkan mengalami kerusakan parah.

"Lokasinya di Tower B4 dan B5 yang berada Kabupaten Puncak. Pembakaran dilakukan oleh pihak yang belum diketahui identitas dan motifnya," ujar Anang Latif, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam konferensi pers yang digelar online, Senin (11/1/2020).

Akibat terbakarnya Tower B4 dan B5, jaringan Palapa Ring di Ilaga, ibu kota Kabupaten Puncak, menjadi terputus.

Tim Palapa Ring Timur telah melakukan pengecekan di lokasi pembakaran. Berbarengan dengan itu, Kominfo akan melakukan investigasi menyeluruh untuk mencari tahu pelaku dan motif pembakaran.

Palapa Ring Timur DibakarPalapa Ring Timur Dibakar Foto: Bakti Kominfo

"Kominfo turut mempersiapkan backup konektivitas di wilayah terdampak dengan menggunakan teknologi satelit untuk melayani kota Ilaga," terang Anang.

Adanya kejadian ini, lanjut Anang, menjadi pelajaran berharga. Karena apabila infrastruktur tidak dijaga, dampaknya akan merugikan masyarakat.

Guna mencegah terulangnya kejadian serupa, Kominfo akan mempererat sinergi keamanan dengan Polri, TNI dan Pemda setempat. Sebab, pembangunan infrastruktur untuk kepentingan masyarakat perlu dijamin keamanannya.

Palapa Ring Timur DibakarPalapa Ring Timur Dibakar Foto: Bakti Kominfo

Apalagi transformasi digital saat ini sedang menjadi fokus utama pemerintah, salah satunya pembangunan infrastruktur komunikasi di Papua. Program tersebut menjadi prioritas Kominfo hingga 2024.

"Demi kepentingan bersama seluruh masyarakat Indonesia apa yang sudah dibangun bersama. Dengan terbangunnya infrastruktur yang mumpuni dan merata semua dapat menutup digital gap. Sehingga muncul talenta digital baru di Indonesia, termasuk dari tanah Papua," pungkas Anang.



Simak Video "Internet Ilaga Papua Lumpuh Ulah Pembakar BTS Palapa Ring"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/rns)