Menkominfo Dukung Rencana Merger Indosat dan Tri

Menkominfo Dukung Rencana Merger Indosat dan Tri

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 29 Des 2020 13:43 WIB
Menkominfo Johnny G Plate menghadiri acara Digital Talent Scholarship Tahun 2020 di Jakarta. Ia menginginkan Indonesia, memiliki talenta di bidang digital yang mumpuni.
Foto: Kominfo
Jakarta -

Rencana merger antara Hutchison 3 Indonesia (Tri) dan Indosat Ooredoo kian nyata. Bahkan kedua operator seluler itu telah meminta restu kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Disampaikan Johnny bahwa ia telah menerima surat yang isinya berupa pemberitahuan akan adanya potensi merger antara Tri dan Indosat.

"Pada tanggal 28 Desember 2020 Menkominfo telah menerima surat pemberitahuan Potensi Kombinasi Bisnis (Potential Business Combination) antara PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 melalui penandatanganan Exclusive and Non Legally Binding MoU di antara Ooredoo Q.P.S.C dengan CK Hutchison Holding Limited," ungkap Menkominfo kepada detikINET, Selasa (29/12/2020).

"Kominfo menyambut baik usaha konsolidasi industri telekomunikasi dai Indonesia, dengan harapan bisnis telekomunikasi, seperti telepon seluler semakin efisien dan semakin kuat serta mampu mendukung program pemerintah 'Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia'," sambung Johnny.

Dengan terjadinya konsolidasi antar operator seluler ini, Menkominfo, diharapakan dapat memperkuat struktur permodalan, Sumber Daya Manusia, management dan kecepatan dalam pengambilan keputusan bisnis, khususnya Capex dan Opex dalam pembangunan infrasturktur TIK di wilayah kerja Non 3T yang saat ini belum selesai dibangun.

"Konsolidasi juga diharapkan dapat mendukung pemanfaatan teknologi baru dan dapat mengawali 5G deployment di Indonesia," ucapnya.

Lebih lanjut lagi, Menkominfo mengatakan, disruspi teknologi yang cepat juga perlu diantisipasi oleh operator seluler secara cepat dan tepat melalui pilihan teknologi komunikasi yang tepat dan kebijakan management yang future outlook.

"Kita sama-sama berharap tahun 2021 akan tetap menjadi tahun yang optimistis bagi industri telekomunikasi dan industri telekomunikasi tetap dapat bertumbuh positif," pungkasnya.

>>>>> Halaman berikutnya MOU antara Tri dan Indosat