Dukung UMKM Go Digital, OCA Indonesia Luncurkan Program OCA UMKM

Dukung UMKM Go Digital, OCA Indonesia Luncurkan Program OCA UMKM

Abu Ubaidillah - detikInet
Kamis, 17 Des 2020 09:02 WIB
ilustrasi umkm
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

OCA Indonesia meluncurkan program OCA UMKM untuk menggandeng UMKM agar dapat terdigitalisasi. Hal tersebut didorong adanya kondisi pandemi yang membatasi ruang gerak masyarakat dan menyebabkan perilaku konsumen berubah sehingga menuntut UMKM untuk segera go digital.

Chief Marketing Officer OCA Indonesia, Tiffany Krisnandya mengatakan saat ini pelaku bisnis mulai mengubah proses bisnisnya menjadi digital. Biaya yang lebih murah dan kemampuan menjangkau konsumen yang lebih luas lagi dinilai menjadi hal yang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Penggunaan omni channel communication seperti OCA juga mampu memberikan pelaku usaha real time conversion sehingga pelaku dapat secara langsung mengukur keberhasilan pemasarannya. Dalam realitanya, tentu UMKM membutuhkan penyesuaian untuk bisa terdigitalisasi sepenuhnya," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (16/12/2020).

Seperti diketahui, UMKM adalah salah satu penopang perekonomian nasional di tengah keadaan ekonomi global yang rawan krisis. Bahkan Kemenkop UKM menargerkan ada 10 juta UMKM yang terdigitalisasi hingga akhir 2020.

Dengan pendekatan melalui program OCA UMKM, pelaku usaha diharapkan dapat memanfaatkan layanan untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, meningkatkan awareness dan engagement konsumen dengan berbagai format melalui email, hingga pesan suara otomatis yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM untuk keperluan pemasaran hingga customer service.

Sementara itu Deputy EVP Digital Exploration Telkom Indonesia, Ery Punta Hendraswara mengatakan UMKM harus berani untuk meninggalkan cara lama dalam berbisnis agar dapat bertahan. Menurutnya dengan bentuk layanan OCA, satu UMKM tetap bisa memabngun hubungan dengan pelanggan atau tetap produktif mencari calon pelanggan baru.

"Sehingga, walaupun di masa sulit seperti ini, UMKM akan tetap dapat mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. OCA Telkom Indonesia berharap dengan diluncurkannya produk OCA UMKM dan berbagai pelatihan daring yang rutin diadakan melalui webinar dan Instagram OCA Indonesia, UMKM mampu berkontribusi dalam percepatan digitalisasi," katanya.

OCA UMKMOCA UMKM Foto: Dok. OCA Indonesia

Sebagai informasi, OCA Indonesia adalah salah satu inkubasi bisnis Telkom Indonesia yang menyediakan layanan omni channel communication seperti email blast, SMS blast, IVR call, dan WhatsApp blast.

(akn/fay)