Menanti Gebrakan Telkomsel-Gojek Untuk Layanan Digital

Menanti Gebrakan Telkomsel-Gojek Untuk Layanan Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 04 Des 2020 10:06 WIB
Telkomsel, Ilustrasi Telkomsel, Logo Telkomsel
Menanti Gebrakan Telkomsel-Gojek Untuk Layanan Digital (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Langkah Telkomsel dengan menyuntik dana segar USD 150 juta atau setara Rp 2,1 triliun ke Gojek dinilai tepat sasaran untuk mempermulus misi perusahaan pemimpin digital telco company.

Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Ridwan Effendi mengatakan, dengan investasi yang sudah dikucurkan, Telkomsel punya kendali atas Gojek, terutama dalam marketing, big data, dan fintech-nya.

Ridwan memandang bahwa sebelum benar-benar menanam investasi ke kantong Gojek, Telkomsel memikirkannya secara matang, terutama untuk keberlanjutan perusahaan di masa depan yang semakin menantang.

"Dugaan saya, internal Telkomsel sebelumnya sudah memperhitungkan untung rugi dan risiko-risiko investasi yang mungkin," ungkapnya.

"Kalau incarannya seperti saya sebut di atas, artinya betul. Untuk menguatkan perusahaan sebagai digital telco," sambungnya.

Ridwan sendiri belum ada gambaran produk apa yang akan tercipta dari kolaborasi Telkomsel-Gojek ini. Akan tetapi, ada harapan yang terpancar bahwa kedua perusahaan tersebut akan memberikan dampak signifikan.

"Idealnya kerjasama ini menambah manfaat bagi kedua korporasi dan negara kesatuan RI dengan kolaborasi penyedia jaringan dan penyedia big data," ungkapnya.

Gojek memiliki layanan sudah digunakan oleh jutaan konsumen dan mitra pengemudi, serta ratusan ribu mitra merchant di seluruh Asia Tenggara. Sedangkan Telkomsel, adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan lebih dari 170 juta.

Dua kekuatan besar tersebut dikolaborasikan untuk memperkuat layanan digital, mendorong inovasi dan produk baru, hingga meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kerja sama ini merupakan perluasan dari kolaborasi Gojek dan Telkomsel dengan menawarkan paket data terjangkau kepada mitra driver sejak tahun 2018. Kemitraan ini juga akan membuka berbagai peluang kolaborasi lainnya yang memanfaatkan skala gabungan dari kedua perusahaan, sehingga dapat menjangkau jutaan masyarakat Indonesia.

Selain itu, sinergi melalui teknologi dan ekosistem dari kedua perusahaan karya anak bangsa ini pun mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia.

Pengguna Gojek dan Telkomsel dapat menantikan beberapa inisiatif yang akan memberikan manfaat dan kenyamanan lebih, seperti produk baru yang dikembangkan bersama, serta program-program inovatif yang dapat memberikan penghematan biaya seperti promosi bersama dan bundling produk.

Kedua perusahaan juga akan berkolaborasi di bidang gaya hidup digital serta mengembangkan solusi teknologi periklanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di berbagai skala bisnis.

Selebihnya, Gojek dan Telkomsel juga bekerjasama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di Indonesia.

Aksi korporasi ini juga disebut merupakan bagian dari perjalanan Telkomsel dalam menjalankan tiga pilar digital, yaitu sebagai penyedia konektivitas digital, layanan digital serta platform digital, yang saat ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk menghadirkan ragam produk digital yang berpusat pada pelanggan dan layanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sehari-hari.



Simak Video "Telkom Buka Suara Terkait Kabar Investasi ke Gojek"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)