Ingat! Mas Nadiem Masukkan WhatsApp ke Kuota Belajar - Halaman 2

Ingat! Mas Nadiem Masukkan WhatsApp ke Kuota Belajar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 26 Sep 2020 18:52 WIB
WhatsApp dan YouTube Batasi Peredaran Informasi Tidak Benar Soal Virus Corona
Foto: ABC Australia

Mendengar pernyataan Santi, Nadiem langsung mengingatkan kembali bahwa penggunaan WhatsApp, termasuk layanan yang digratiskan dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.

"Jangan lupa, untuk ibu, orangtua juga, bahwa WhatsApp masuk, sekali lagi tolong diingatkan WhatsApp masuk ke dalam Kuota Belajar," jelasnya.

Sebagai informasi, dalam bantuan kuota internet gratis ini terbagi ke dalam dua, yaitu Kuota Umum dan Kuota Belajar. Kuota umum merupakan kuota data yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Sedangkan kuota belajar adalah kuota data yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang terdaftar. Lengkapnya bisa akses ke link ini.

"Kalau ternyata akses WhatsApp tidak ada dalam Kuota Belajar, langsung laporkan ke operator seluler, dilaporkan kalau tidak bisa," pungkasnya.

Besar kuota internet gratis untuk PAUD sebesar 20 GB per bulan, di mana bila dirinci 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Untuk pelajar dari jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan kuota internet gratis 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Sementara untuk kuota internet gratis bagi pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 42 GB per bulannya. Secara detail, 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Sedangkan, kuota internet gratis mahasiswa dan dosen sama-sama mendapatkan 50 GB per bulan yang mana rinciannya 5 GB untuk umum dan 45 GB kuota belajar.

Kuota internet pada bulan pertama dan kedua berlaku 30 hari sejak diterima oleh pemilik HP. Sedangkan, kuota bulan ketiga dan keempat berlaku selama 75 hari secara bersamaan mulai November 2020.



Bantuan kuota internet gratis dimulai pada tanggal 22 September yang akan berakhir pada tanggal 30 November 2020. Untuk lebih jelasnya, berikut tahapan penyaluran subsidi kuota data tersebut:

Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:
1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.

Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:
1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.

Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:
1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

(agt/afr)