IndonesiaNEXT, Cara Mencetak SDM yang Bukan Kaleng-kaleng

IndonesiaNEXT, Cara Mencetak SDM yang Bukan Kaleng-kaleng

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 15 Sep 2020 22:10 WIB
Melalui IndonesiaNEXT, Telkomsel berupaya untuk terus mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas alias bukan kaleng-kaleng.
IndonesiaNEXT. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Melalui IndonesiaNEXT, Telkomsel berupaya untuk terus mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas alias bukan kaleng-kaleng.

IndonesiaNEXT sendiri telah digelar sejak 2016 dengan menjangkau 40 ribu peserta dari berbagai universitas dan SMK di seluruh Indonesia, yang mana lebih dari 4.000 sertifikasi telah diserahkan.

Maka dari itu, operator yang identik warna merah ini pun berencana untuk menggelar IndonesiaNEXT 2020 yang diharapkan memberikan dampak sosial positif secara luas oleh peserta didik di seluruh daerah di Tanah Air.

"Semoga IndonesiaNEXT mampu menjadi wadah percepatan peningkatan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia agar generasi muda di Tanah Air mampu menjadi roda penggerak utama kemajuan bangsa dan negara," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.

Rencananya, IndonesiaNEXT 2020 akan diselenggarakan di 13 kota regional sesuai lokasi kerja Telkomsel, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, Surabaya, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku dan kota lainnya yang akan menyasar para mahasiswa/mahasiswi dan siswa siswi SMK. IndonesiaNEXT 2020 dijadwalkan dibuka pendaftarannya mulai dari September 2020.

Crowning Session IndonesiaNEXT 2019

Di saat yang bersamaan, Telkomsel juga mengumumkan pencapaian IndonesiaNEXT 2019, yakni 10 Best Talent dan Best of The Best dari IndonesiaNEXT 2019 dalam acara "Crowning Session IndonesiaNEXT 2019" yang diselenggarakan secara virtual melalui CloudX, MAXstream, dan YouTube Live pada 12 September 2020.

"Kami berharap, insan-insan terbaik dari program IndonesiaNEXT mampu menginspirasi mahasiswa dan siswa lainnya untuk bisa meningkatkan kapabilitas dan kompetensinya agar semakin banyak sumber daya manusia Indonesia yang mampu bersaing hingga di level internasional," ungkap Setyanto.

Crowning Session IndonesiaNEXT 2019 dihadiri oleh 28 finalis mahasiswa yang berasal dari 4 kota penyelenggaraan inisiatif tersebut, yaitu Bandung, Yogyakarta, Banjarmasin, dan Samarinda, dengan tiap kota diwakili oleh tujuh finalis terpilih.

Melalui IndonesiaNEXT, Telkomsel berupaya untuk terus mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas alias bukan kaleng-kaleng.Melalui IndonesiaNEXT, Telkomsel berupaya untuk terus mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas alias bukan kaleng-kaleng. Foto: Telkomsel

Dari situ, Telkomsel memilih nama-nama yang berhasil masuk ke dalam kategori 10 Best Talent, yaitu Ahmad Ryan Nur Rahman (Universitas Lambung Mangkurat), Cristin Juniarti (Institut Teknologi Bandung), Muhammad Shohih Afif (Universitas Lambung Mangkurat), Muchamad Nur Shoim (Universitas Amikom Yogyakarta), Terani Virda (Institut Teknologi Bandung), Muhammad Reyhan (Institut Teknologi Bandung), Heryandy Pratama (Universitas Mulawarman), Yoram Benyamin Merani (Universitas Lambung Mangkurat), Fitria Khoirun Nisa (Universitas Gadjah Mada), dan Erlin Ketna Purnamasari (Universitas Islam Indonesia).

Sedangkan untuk kategori Best Ambassador, Roy Krisna Nomura (Telkom University) berhasil menjadi pemenang.

Selain itu, turut hadir empat pemenang dari IndonesiaNEXT 2019 segmen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari empat kota penyelenggaraan inisiatif tersebut, yaitu Bandung, Sumedang, Yogyakarta, dan Surabaya. Mereka adalah Putri Anggraeni (SMKN 1 Sewon Yogyakarta), Tubagus Gusti Fauzi (SMKN 1 Sumedang), Ilhana Cantika (SMKN 1 Bandung), dan Taufiqul Hakim (SMKN 1 Surabaya). Seluruh talenta terbaik IndonesiaNEXT 2019, 28 finalis mahasiswa dan 4 pemenang segmen SMK, akan mendapatkan bantuan pendidikan senilai Rp 1 Miliar.

Para peserta melewati seleksi panjang dalam mengikuti IndonesiaNEXT, mulai dari pendaftaran online, kuliah umum, pelatihan keterampilan, kuis online, MOS International Certification, Communication Skill Training, Area Bootcamp, Area Qualification Panel, hingga National Bootcamp.

Telkomsel menyebutkan proses seleksi yang ketat membuat IndonesiaNEXT mampu membentuk para peserta untuk menjadi sumber daya manusia yang lebih terampil dan memiliki daya saing secara nasional, bahkan hingga internasional.

Pada Crowning Session IndonesiaNEXT 2019 kali ini dihadiri secara virtual Setyanto Hantoro (Direktur Utama Telkomsel), Leonardus Wahyu Wasono (Direktur Keuangan Telkomsel), R. Muharam Perbawamukti (Direktur HCM Telkomsel), Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si (Rektor Telkom University), Dr. Eng.Khoirul Anwar, ST, M. Eng (penemu teknik modulasi sinyal untuk 4G LTE) dan Putri Tanjung (pengusaha).



Simak Video "Telkom Bantah Kerdilkan Netflix!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)