Deretan Kebijakan Ahmad Al-Neama Bawa Indosat Hadapi Pandemi

Deretan Kebijakan Ahmad Al-Neama Bawa Indosat Hadapi Pandemi

Abu Ubaidillah - detikInet
Selasa, 15 Sep 2020 10:10 WIB
President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama
Foto: Dok. Indosat Ooredoo
Jakarta -

Setelah ditunjuk menjadi President Director & CEO Indosat Ooredoo tahun lalu, Ahmad Al-Neama mengatakan siap mengemban tugas dan membawa Indosat Ooredoo meraih visinya menjadi perusahaan digital telko terdepan di Indonesia. Namun beberapa hal menyebabkan rencana yang dijalankan tak sesuai dengan ekspektasinya, salah satunya adalah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia.

Tidak memilih pulang ke Qatar, Ahmad justru memilih tetap bertahan di Jakarta dan meninggalkan keluarganya dengan jarak ribuan kilometer untuk memberikan dukungan kepada para rekan kerjanya di Tanah Air.

"Tentu saja berat rasanya untuk terpisah dari keluarga sendiri di saat sulit seperti ini, tetapi keluarga Indonesia saya lebih membutuhkan saya agar kami bisa melewati krisis ini bersama," ujar Ahmad seperti dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (15/9/2020).

Ahmad pun memiliki sejumlah kebijakan untuk mendukung karyawannya agar bisa melewati masa sulit ini, salah satunya adalah menetapkan protokol kerja dari rumah atau work from home untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para pegawainya. Ahmad juga memberikan fasilitas dan konektivitas agar para karyawan bisa bekerja dari jauh.

Selain itu, Ahmad juga memberikan paket kebersihan yang dikirimkan ke rumah seluruh karyawan dan beberapa kali memberikan dukungan finansial untuk para karyawannya agar bisa melewati masa sulit ini.

Komitmen dan kepeduliannya terhadap pegawai telah lama menjadi jantung kepemimpinannya saat ini. Pengalamannya selama 15 tahun sebagai profesional di industri telekomunikasi global membuat Ahmad mengembangkan rasa tanggung jawabnya terhadap karyawan.

"Kesejahteraan dan pengembangan karyawan adalah hal yang penting untuk mewujudkan visi saya pada perusahaan dan menjalankan strategi kami untuk beberapa tahun ke depan," imbuhnya.

Dedikasinya pun membuahkan hasil, survei internal perusahaan menunjukkan 82% pegawai merasa senang dan produktif walaupun harus bekerja dengan sistem baru dari rumah. Indosat Ooredoo pun sukses meraih Best Companies to Work for in Asia 2020 oleh HR Asia.

Tak hanya fokus pada urusan perusahaan saja, Ahmad juga memberikan perhatiannya bagi masyarakat Indonesia pada masa pandemi ini, salah satunya adalah dengan memberikan donasi melalui BNPB sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 dan Pemerintah DKI Jakarta.

Alumnus University of Colorado ini juga memberikan perhatian yang besar kepada anak muda Indonesia melalui prospek karier yang cerah dan terus menjaga agar negeri ini selalu terhubung. Ahmad juga telah berkomitmen dalam berbagai kampanye untuk mendukung agenda Digital Indonesia yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Contohnya dalam kampanye Internet1O1 dengan GSMA dan Facebook, kami memfasilitasi 500.000 pelatihan di seluruh negeri untuk mengembangkan ekonomi digital dan menutup kesenjangan literasi internet, terutama di daerah pedesaan," paparnya.

Ahmad juga berkolaborasi dengan Google untuk membantu masyarakat Indonesia agar dapat terus terhubung secara digital tanpa perlu memiliki smartphone atau paket data. Selain itu, Ahmad juga merupakan salah satu pendukung utama program beasiswa IDCamp. Pada tahun 2019, program beasiswa ini telah berhasil mencetak lebih dari 10.000 developer muda Indonesia yang tersertifikasi secara global.



Simak Video "Devita, Sopir Alat Berat-Truk di Lereng Merapi yang Jadi Perhatian"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)