Kuota Belajar Telkomsel 10 GB Bisa Buat Apa Saja? Ini Jawabannya

Kuota Belajar Telkomsel 10 GB Bisa Buat Apa Saja? Ini Jawabannya

Rosmha Widiyani - detikInet
Rabu, 26 Agu 2020 14:40 WIB
Para siswa dengan keterbatasan paket data internet belajar di Posyandu. Posyandu ini menyediakan akses WiFi gratis untuk belajar yang difasilitasi Pemkot Tangerang.
Kuota Belajar Telkomsel 10 GB Bisa Buat Apa Saja? Berikut Jawabannya (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kuota Belajar Telkomsel 10 GB bikin heboh masyarakat setelah banyak beredar dalam pesan pendek WhatsApp. Dikutip dari situs Telkomsel, paket internet ini ternyata bukan hoax dan tersedia untuk masyarakat umum.

"Aktifkan Kuota Belajar 10 GB cuma Rp 10 untuk menikmati akses layanan Ilmupedia dan Conference serta ratusan e-learning kampus atau sekolah," tulis Telkomsel dalam keterangan seputar Kuota Belajar Telkomsel 10 GB.

Layanan Ilmupedia yang tersedia dalam Kuota Belajar Telkomsel tersedia melalui aplikasi Google Classroom, Zenius, Rumah Belajar, Quipper, Cakap, Bahaso, AyoBlajar, Kippin School 4.0, mu, Udemy, Duolingo, dan Birru. Sedangkan untuk Conference meliputi Zoom, Google Meet, Cisco Webex, UMeetMe, Microsoft Teams, dan CloudX.

Telkomsel juga menjelaskan syarat dan ketentuan bagi yang ingin menggunakan Kuota Belajar Telkomsel 10 GB. Syarat tersebut adalah:

1. Kuota Belajar berlaku pada 21 Agustus-31 Desember 2020

2. Hanya dapat membeli satu kali selama periode program

3. Hanya berlaku bagi pelanggan yang belum pernah membeli paket Ilmupedia 10 GB dengan harga Rp 10.

Dengan ketentuan tersebut apakah Kuota Belajar Telkomsel bisa digunakan untuk WhatsApp atau mengakses Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube? Pada bagian Friendly Ask Question, Telkomsel menjelaskan paket sebetulnya hanya bisa digunakan pada aplikasi yang telah ditentukan.

"Kuota Belajar 10 GB hanya dapat digunakan untuk aplikasi belajar di atas. Pastikan aplikasi sudah terpasang/terinstal pada smartphone untuk menggunakan kuota Belajar," tulis Telkomsel.

Telkomsel menyarankan pengguna Kuota Belajar 10 GB masih menyediakan kuota utama dan tidak tersambung dengan VPN. Kuota utama diperlukan jika aplikasi merujuk pada unggahan di Facebook, Instagram, Twitter, atau YouTube. Penggunaan kuota utama juga diperlukan jika menggunakan platform yang tidak disebutkan dalam daftar layanan aplikasi. Platform ini misalnya Google Docs, Google Cloud, Google Drive, dan Google Analytic.

Jika pengguna Kuota Belajar Telkomsel menggunakan aplikasi selain yang telah disebutkan, maka dikenakan aturan kuota internet reguler. Tarif dasar kuota internet reguler adalah Rp120/20KB untuk prabayar meliputi simPATI, KARTU As, atau Loop.



Simak Video "Pengamat Pendidikan Sebut Kuota Belajar Bukan Solusi untuk Siswa"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)