Apakah Bisa Panggilan Layanan VoLTE Antar Operator?

Apakah Bisa Panggilan Layanan VoLTE Antar Operator?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 18 Agu 2020 22:08 WIB
Layanan VoLTE
Apakah Bisa Panggilan Layanan VoLTE Antar Operator? (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman)
Jakarta -

Tercatat saat ini ada tiga operator seluler yang menggelar layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE), yakni XL Axiata, Smartfren, dan Telkomsel. Nah, apakah bisa pelanggan melakukan panggilan VoLTE antar operator seluler?

Group Head Commercial GTM XL Axiata Rahmadi Mulyohartono mengungkapkan bahwa hal itu dimungkinkan terjadi. XL sendiri diketahui baru saja menghadirkan layanan VoLTE, yang sementara ini baru tersedia di Jakarta dan Medan, setelah dilanjutkan ke seluruh kota-kota besar di Indonesia pada akhir tahun 2020.

"Bisa, tetap bisa (dilakukan panggilan telepon VoLTE-red) kita telepon ke operator lain, tapi yang sudah VoLTE juga, itu bisa dilakukan. Yang digarisbawahi interkoneksi sama karena sama-sama interkoneksi existing," jelasnya.

Selain memperhatikan operator seluler yang sudah menyediakan layanan VoLTE, hal lain yang perlu diperhatikan pelanggan adalah kemampuan smartphone dalam mendukung teknologi terbaru tersebut. Dalam hal ini, smartphone pelanggan juga harus sudah menggunakan kartu 4G.

"Salah satu tantangan besar pada layanan VoLTE adalah memastikan perangkat yang kita pakai. Semua brand bisa, mulai dari yang market leader, nomor dua, semuanya bisa," ungkap Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Butuh waktu sekitar setahun bagi XL untuk mempersiapkan layanan VoLTE sebelum akhirnya bisa dinikmati para pelanggannya saat ini. XL menyebutkan pihaknya tak ingin asal-asalan menggelar VoLTE, sebab harus mempersiapkan infrastrukturnya dulu sebelum menghadirkan layanan tersebut ke pelanggan.

"Layanan VoLTE berbeda dengan layanan voice biasa, karena ia tergantung pada jangkauan LTE yang memerlukan optimalisasi berbeda untuk memenuhi standar kualitas. Untuk itu kenapa sekarang, kita ingin menyediakan layanan terbaik saat jaringan sudah siap VoLTE," tutur Gede.

Saat ini pelanggan XL yang sudah menggunakan smartphone mendukung jaringan LTE itu ada 90% dari total pelanggan, di mana di atas 90% itu perangkat sudah bisa menikmati layanan VoLTE.

VoLTE atau Voice over LTE adalah layanan telepon yang memanfaatkan jaringan LTE atau Long Term Evolution, yang biasa dipakai untuk mengakses internet. Dengan layanan VoLTE, layanan telepon akan jadi lebih jernih ketimbang layanan telepon biasa.

Kelebihan lain dari teknologi tersebut, pelanggan bisa merasakan pengalaman berupa kecepatan sambung yang singkat dibandingkan telepon biasa. Begitu juga memungkinkan untuk multitasking, di mana pelanggan bisa tetap akses internet, streaming video saat ada panggilan telepon VoLTE.



Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)